Pembobol Rumah di Bima Ditangkap Setelah 2 Tahun Buron

Faruk Nickyrawi - detikBali
Jumat, 03 Jun 2022 17:56 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi borgol. Foto: agung pambudhy
Kota Bima -

Pelarian Iwansyah alias WA (35) harus berakhir di tangan pihak kepolisian Kota Bima, Nusa Tenggara Bima (NTB). Dia ditangkap setelah kabur ke daerah Kalimantan selama 2 tahun. Selama pelariannya, WA ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) setelah upaya penangkapan yang dilakukan dua tahun lalu WA berhasil lolos dari kejaran polisi.

"Pelaku sempat dilakukan penangkapan sebelumnya, namun lolos dan melarikan diri ke Kalimantan selama 2 tahun," kata Kasi Humas Polres Bima Kota, Iptu Jufri, Jumat, (3/6/2022).

Jufri menjelaskan, upaya mengejar pelaku terus dilakukan selama pelarian, namun pelaku diduga kerap berubah-ubah tempat tinggal sehingga ditetapkan sebagai salah satu daftar pencarian orang nomor DPO/02/2020/ oleh Polsek Rasanae Timur.

"Sebelumnya pelaku WA pernah ditangkap tapi tim hanya berhasil mengamankan 2 pelaku lain. WA berhasil lolos dan melarikan diri, dia ditangkap di rumah orangtuanya," ujar Jufri.



Lebih jauh Jufri menjelaskan, pelaku WA bersama dua rekannya melakukan aksi pembobolan rumah salah satu warga yang merupakan pensiunan jaksa di kantor kejaksaan Kota Bima yang berada di Kelurahan Rabadompu, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima pada 14 Juli 2020.

"Korban merupakan pensiunan di kantor kejaksaan negeri Raba Bima," jelasnya.

Pada aksinya itu, pelaku WA bersama dua rekannya berhasil masuk ke dalam rumah korban dan mengambil satu unit laptop dan handphone. Ketika ditangkap, WA mengakui perbuatannya telah membobol rumah korban bersama dua rekannya yang sebelumnya sudah ditangkap beberapa hari setelah kejadian.

"Pelaku WA berhasil dibekuk oleh tim, setelah diinterogasi dia mengakui bahwa pernah melakukan pembobolan rumah di Rabadompu dengan mencuri satu buah laptop dan handphone. Barang bukti tersebut sudah diamankan oleh tim pada saat penangkapan sebelumnya," tuturnya.

Kini pelaku tengah diamankan di Mapolres Bima Kota, sementara dua orang rekannya sudah berada di Rumah Tahanan Bima untuk menjalani hukuman penjara.




Simak Video "Momen Mencekam Pilkades di Bima, Kantor Desa Dirusak dan Dibakar"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)