Urai Kemacetan, 2 Terowongan Akan Dibangun di Area Sirkuit Mandalika

Ahmad Viqi - detikBali
Senin, 23 Mei 2022 12:44 WIB
Sirkuit Mandalika
Foto: Sirkuit Mandalika (IST)
Lombok Tengah -

Dua terowongan direncanakan akan kembali dibangun di area Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Dua terowongan yang direncanakan dibangun itu untuk mengurai kemacetan penonton pada event MotoGP 2023 mendatang. Pasalnya, dua terowongan yang ada di ujung selatan dan utara Sirkuit Mandalika dinilai tidak mampu mengurai kemacetan pada event MotoGP 20 Maret 2022 lalu.

"Kita sedang memikirkan membangun penambahan dua terowongan. Baik di bagian barat dan timur," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria kepada detikBali, Senin (23/5/2022).


Menurutnya dua terowongan atau tunnel yang ada saat ini baik di sebelah utara dan selatan dinilai tidak mampu mengurai kemacetan. Apalagi jika didatangi 80 ribu orang penonton saat masuk ke area Sirkuit Mandalika dengan luas 131 hektar.

"Tidak segampang itu juga ya. Jadi kita sedang memikirkan, kita perlu membangun dua terowongan sisi timur dan barat," ujarnya.

Menurut Priandhi area parkir di sisi timur Dusun Songgong dinilai bebas hambatan jika ada terowongan yang langsung bisa akses masuk dari tikungan 5, 6 dan 7 Sirkuit Mandalika. Dari sisi Barat, baik di tikungan 13, 14, dan 15 juga tidak terdapat hambatan jika datang dari arah parkir Barat, Masjid Bilad Kuta Mandalika.

"Jadi dua terowongan ini langsung masuk ke dalam sirkuit. Karena dulu master plan-nya ada. Cuma tidak dikerjakan karena waktunya sangat mepet," ujarnya.

Seharusnya desain pintu masuk Sirkuit Mandalika kata Priandhi memiliki empat akses masuk dengan empat jumlah terowongan. Untuk terowongan pertama ialah terdapat di sisi utara tepat di bawah garis start, terowongan dua tepat di bawah tikungan ke 8 dan 9, terowongan ketiga di bawah tikungan 6 dan 7 dan terowongan keempat di bawah tikungan ke 14 dan 15.

"Seharusnya sirkuit ini punya 4 terowongan buat mengurai masa yang dari luar ke dalam dan dari dalam mau keluar. Kita sudah mikir akan buat dua terowongan lagi. Belajar dari kasus kemacetan event MotoGP 2022 kemarin," katanya.

Dia juga mengaku rencana pembangunan dua buah terowongan penambahan ini memang diakui tidak segampang yang dibayangkan. Bahkan kata Priandhi, rencana pembangunan dua terowongan ini juga bisa memakan waktu dua bulan lebih.

"Kalau jadi dibangun, aspal harus dibongkar kan. Karena pertimbangannya jalur masuk kita butuh akses yang lebih banyak," ujarnya.

Pertimbangan lain kata Priandhi jika membangun dua terowongan maka lintasan di bawah titik tertentu, selain melakukan pembongkaran aspal, MGPA juga telah memikirkan untuk melapisi aspal agar sesuai dengan spesifikasi aspal Sirkuit Mandalika saat ini.

"Kita akan pikirkan yang baru ini. Karena konsekuensinya aspal di tikungan 5, 6, dan 7 di tengah-tengahnya bisa saja kita bongkar jika bangun terowongan," pungkasnya.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)