Tepergok Bobol Konter HP, 3 Siswa di Mataram Diamankan-Dapat RJ

Ahmad Viqi - detikBali
Minggu, 22 Mei 2022 06:43 WIB
Tiga pemuda asal Lombok Barat diamankan usai melakukan percobaan pencurian di sebuah konter handphone di Kota Mataram
Foto: Tiga pemuda asal Lombok Barat diamankan usai melakukan percobaan pencurian di sebuah konter handphone di Kota Mataram. (ist)
Mataram -

Tiga siswa terduga pelaku percobaan pencurian sebuah konter handphone (HP) di Jalan TGH Faisal, Kelurahan Turide, Kecamatan Sandubaya Kota Mataram diamankan anggota Polsek Sandubaya, pada Jumat (13/5/2022).

Kapolsek Cakranegara Kompol Moh Nasrullah mengatakan ketiga siswa yang sempat melakukan aksi pencurian konter handphone di Mataram tersebut masing-masing berinisial AW, BS dan SR.

Menurut Nasrullah ketiga terduga pelaku percobaan pencurian ini beralamat di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, NTB masih di bawah umur dan berstatus pelajar.


"Ketiga pelaku saat diamankan mengakui bahwa mereka hendak melakukan pencurian di konter handphone milik warga Mataram," ujarnya, Minggu (22/5/2022).

Ketiga terduga pelaku ini kata Nasrullah mereka belum sempat mengambil barang-barang apapun dari konter handphone yang hendak dibobol menggunakan kunci besi.

"Saat kejadian itu, aksi ketiganya ini diketahui warga. Warga langsung berkoordinasi dengan polisi sehingga ketiganya langsung diamankan," kata Nasrullah.

Dari hasil keterangan pemilik konter bahwa belum ada barang-barang yang hilang. Hanya saja etalase konter milik warga ini terlihat ada bekas karena diduga berusaha dibuka paksa menggunakan alat.

"Kami ditemukan alat-alat yang dipakai untuk membongkar konter seperti obeng dan kunci pas. Kami juga sudah langsung amankan ketiga siswa ini beserta barang bukti peralatan untuk mencuri," kata Nasrullah.

Restorative Justice

Selanjutnya, tiga siswa terduga pelaku percobaan pencurian sebuah konter handphone di Jalan TGH Faisal, Kelurahan Turide, Kecamatan Sandubaya Kota Mataram akhirnya mendapat restorative justice (RJ) pada, Sabtu (21/5/2022) kemarin.

Kapolsek Cakranegara Kompol Moh Nasrullah mengatakan ketiga terduga pelaku inisial AW, BS dan SR yang diamankan usai berusaha membobol konter handphone di jalan TGH Faisal, Kelurahan Turide, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram itu telah dibebaskan.

"Kasus dugaan percobaan pencurian yang dilakukan ketiga pelajar ini disarankan tidak menempuh jalur hukum," katanya, Minggu (22/5/2022).

Pihak Polsek Cakranegara juga meminta agar keduanya (korban dan pelaku) untuk melakukan mediasi antara keluarga terduga pelaku dan pemilik konter handphone.

"Mereka ini masih di bawah umur. Kami sarankan melakukan mediasi antara pemilik konter dengan pelaku serta orang tua pelaku," jelasnya.

Menurut Nasrullah, setelah dilakukan mediasi, pihaknya meminta agar kasus dugaan percobaan pencurian yang dilakukan para pelajar ini untuk menempuh Restorative Justice (RJ).

"Kita mediasi dengan harapan bisa mendapatkan RJ kepada para pelaku," kata Nasrullah.

Setelah ketiga terduga pelaku bersama kedua orang tua para terduga pelaku melakukan diskusi dengan pemilik konter handphone. Dari hasil itu, mereka bersepakat menandatangani surat perdamaian antara kedua belah pihak.

"Jadi kami telah membebaskan ketiga pemuda tersebut lantaran kasus tersebut telah selesai dengan damai," kata Nasrullah.

Nasrullah juga meminta kepada orang tua ketiga pemuda tersebut untuk selalu dalam pengawasan serta bimbingannya.

"Kami imbau masyarakat semua agar selalu memperhatikan anak-anak. Sebisa mungkin anak-anak kita selalu tetap dalam pengawasan," pungkas Nasrullah.



Simak Video "Jaksa Agung Sebut Restorative Justice Baru Menyasar Masyarakat Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)