Petaka ODGJ Ngamuk Tewaskan Satu Orang di Gianyar Diduga Telat Obat

Tim detikBali - detikBali
Jumat, 19 Agu 2022 09:16 WIB
Dewa Gede Gunastra (43) ODGJ yang mengamuk hingga melukai dan menewaskan seorang warga di Tampaksiring diamankan petugas
Dewa Gede Gunastra (43) ODGJ yang mengamuk hingga melukai dan menewaskan seorang warga di Tampaksiring diamankan petugas. (Foto: IST)
Gianyar -

Insiden berdarah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mengamuk di Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis sore (18/8/2022) yang melukai lima warga dengan seorang diantaranya tewas dipicu karena telat obat

Seperti diungkap Kapolsek Tampaksiring AKP Ni Luh Suardini. Dijelaskan, dari sejumlah keterangan saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP), diduga motif dibalik Dewa Gede Gunastra (43) mengamuk hingga melukai dan menewaskan seorang warga karena kehabisan obat.

"Dia (Dewa Gede Gunastra) kehabisan obat. Dia belum berobat,"ungkap AKP Suardini


Kata Suardini, pelaku dipastikan ODGJ karena memiliki riwayat kartu kuning (gangguan kejiwaan).

Lebih lanjut, kata AKP Suardini, dengan adanya riwatat itu, meski pelaku telah melukai lima warga dengan satu diantaranya meninggal dunia, namun polisi tidak bisa memproses kasus ini.

"Jadi kami tidak bisa memproses hukum karena ODGJ,"imbuh AKP Suardini

Seperti diketahui, insiden berujung petaka yang dilakukan Gede Gunastra terjadi di Banjar Sawagunung, Desa Pejeng Kelod, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, sekitar pukul 15.00 WITA.

Pelaku dengan membawa senjata tajam jenis pisau masuk ke rumah warga dan mengamuk.

Gunastra melukai warga yang juga masih tetangganya sendiri. Korban luka diantaranya Dewa Ketut Raka (60), Wahyu Premesti (27). Sedangkan korban meninggal yakni Dewa Ketut Alit (72). Ketut Alit meninggal usai menderita luka bacok di leher.

Saat pelaku mengamuk membabi buta, suasana sempat mencekam. Warga banyak ketakutan. Hingga akhirnya, pelaku berhasil dilumpuhkan usai petugas menyemprotkan gas air mata.

Usai dilumpuhkan, pisau milik pelaku langsung diamankan. Sedangkan pelaku langsung diikat dengan menggunakan tali plastik di bagian kaki dan tangannya.

Usai diamankan, pelaku langsung dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli dengan menggunakan mobil Satpol PP.

"Untuk korban luka dan meninggal sudah dievakuasi ke rumah sakit,"terang AKP Suardini.

Korban luka Dewa Ketut Raka dirawat di RS Sanjiwani. Sedangkan Korban luka Wahyu dirawat di RS Ari Canti. Sementara korban meninggal dititip di RS Ari Canti Gianyar.



Simak Video "ODGJ Bawa Motor Tabrak Orang Lalu Ngamuk, Pemotor Lain Ditusuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)