Pria Asal Denpasar Pemesan Ganja 2 Kilogram Terancam Bui Seumur Hidup

Chairul Amri Simabur - detikBali
Rabu, 10 Agu 2022 18:59 WIB
ilustrasi ganja
ilustrasi (Foto: Dok.Detikcom)
Denpasar -

Terdakwa kasus narkotika dengan barang bukti ganja seberat 2 kilogram lebih, I Kadek Bagus Surya Sanjaya (26), menjalani sidang pertama di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Rabu (10/8/2022).

Sesuai surat dakwaan yang disampaikan pada persidangan secara daring (dalam jaringan), pemuda dari Denpasar itu terancam dengan hukuman bui atau penjara maksimal seumur hidup atau paling ringan 20 tahun.


Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Putu Sugiawan menerangkan, perbuatan Kadek Bagus Surya Sanjaya itu melanggar ketentuan Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika atau Pasal 111 ayat (2) dalam Undang-Undang yang sama.

Terhadap dakwaan tersebut, Kadek Bagus Surya Sanjaya mengakui dan membenarkan isi dakwaan itu sehingga ia tidak mengajukan nota keberatan atau eksepsi.

"Tidak mengajukan eksepsi. Terdakwa mengakui isi dakwaannya. Karena terdakwa sudah mengakui, maka kami tidak mengajukan eksepsi atau keberatan," ujar Gusti Agung Prami Paramita selaku penasihat hukum terdakwa.


Sementara itu, masih dalam surat dakwaan terungkap, terdakwa memesan ganja pada seseorang bernama Syahir Sirait (buron).

Pembayaran atas pesanan itu dilakukan secara bertahap. Begitu juga dengan proses pengiriman sebanyak dua kali melalui jasa ekspedisi.

Sebagian ganja yang sudah diterima disimpan terdakwa di kamar kosnya di Jalan Gustiwa XF, Desa Penatih, Kecamatan Denpasar Timur. Rencananya, ganja yang dipesan terdakwa itu hendak dijual kembali.

Pada 19 Mei 2022, ia menerima kiriman paket kedua. Saat itulah ia kemudian ditangkap petugas dari BNN Provinsi Bali yang dilanjutkan dengan pengembangan penyelidikan di kamar kosnya.



Simak Video "Tersangka Pembunuhan Pria di Legok Terancam Hukuman Mati"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)