Deretan Konglomerat RI yang Tajir Melintir Berkat Bisnis Sawit

Deretan Konglomerat RI yang Tajir Melintir Berkat Bisnis Sawit

Tim detikFinance - detikBali
Minggu, 25 Sep 2022 10:17 WIB
Workers load palm oil fresh fruit bunches to be transported from the collector site to CPO factories in Pekanbaru, Riau province, Indonesia, April 27, 2022. REUTERS/Willy Kurniawan
Kelapa sawit. Foto: REUTERS/WILLY KURNIAWAN
Denpasar -

Indonesia merupakan produsen crude palm oil (CPO) terbesar di dunia. Itulah sebabnya banyak konglomerat yang terjun ke bisnis sawit.

Para konglomerat yang terjun ke bisnis sawit juga masuk ke jajaran orang yang tajir melintir. Berikut daftar 8 konglomerat yang tajir melintir berkat bisnis sawit.

1. Keluarga Wijaya


Keluarga Widjaja adalah pemilik Sinar Mas Group yang dibangun oleh mendiang Eka Tjipta Widjaja. Sinar Mas Group memiliki banyak segmen bisnis, terutama juga besar mengembangkan bisnis kelapa sawit.

Hasil pengolahan kelapa sawit yang dijual oleh perusahaan milik keluarga ini adalah minyak goreng terkenal merek Filma, Mitra, Kunci Mas, dan Palmvita.

2. Keluarga Salim

Grup salim didirikan oleh mendiang Sudono Salim alias Liem Sioe Liong. Anthony Salim merupakan anak dari Sudono beserta menantunya Franciscus Welirang kini meneruskan seluruh usaha Grup Salim.

Sumber kekayaan Grup Salim juga didapatkan dari minyak goreng serta beberapa bisnis kelapa sawit yang dijalankan melalui anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP). Produk minyak goreng terkenal dari Grup Salim adalah merek Happy, Bimoli, dan Delima.

3. Bachtiar Karim

Keluarga Bachtiar Karim adalah pemilik Musim Mas Group yang merupakan salah satu perusahaan minyak sawit global terkemuka. Perusahaan itu berkantor pusat di Singapura yang beroperasional di 13 negara.

Keluarga Konglomerat Karim membuka perusahaan kilang minyak sawit pertama di Indonesia, pada tahun 1970. Produk minyak goreng yang paling terkenal di pasaran dari perusahaan Musim Mas Group adalah merek Sunco, Margareta, Surya Gold, dan Rajni Gold.

4. Martua Sitorus

Martua Sitorus adalah konglomerat yang mendirikan grup Wilmar dengan Kuok Khoon Hong. Martua dan saudaranya mendirikan KPN Corporation yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, pengembangan properti dan manufaktur semen.

Martua Sitorus menempati posisi ke-14 dalam daftar orang terkaya Indonesia 2021 versi Forbes, dengan total kekayaan US$ 2,9 miliar. Minyak goreng yang diproduksi oleh grup Wilmar diantaranya adalah merek Sania, Siip, Sovia, Mahkota, Ol'eis, Bukit Zaitun, Goldie, Fortune, dan Camilla.



Simak Video "Luhut Minta BPKP Audit Perusahaan Sawit: Jangan Mau Diatur-atur!"
[Gambas:Video 20detik]