Pedagang Gudeg Semringah, Harap CFD Denpasar Digelar Rutin

Pedagang Gudeg Semringah, Harap CFD Denpasar Digelar Rutin

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Minggu, 11 Sep 2022 15:52 WIB
Suasana pembeli Gudeg Jogja Bu Yahdi saat Car free day (CFD) di Lapangan Renon, Denpasar, Minggu (11/9/2022).
Suasana pembeli Gudeg Jogja Bu Yahdi saat Car free day (CFD) di Lapangan Renon, Denpasar, Minggu (11/9/2022). (Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Denpasar -

Car free day (CFD) di Lapangan Renon dan Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali, kembali digelar dengan sistem uji coba, Minggu (11/9/2022). CFD pertama sejak pandemi COVID-19 itu membuat para pedagang kuliner yang tergabung dalam Kelompok Pedagang CFD di Lapangan Renon menjadi semringah.

Seperti diakui pemilik usaha Gudeg Jogja Bu Yah, Heri Susanto (63). Ia berharap agar CFD ini dapat digelar secara rutin. Sebab, momen CFD merupakan kesempatan bagi dirinya mendapat penghasilan lebih.

"Memang selama ini saya sangat merindukan adanya CFD karena ini kesempatan emas bagi kami para pedagang. Mudah-mudahan CFD ini bisa berlanjut terus supaya ekonomi bisa terbantu," kata Heri saat ditemui di Lapangan Renon, Denpasar, Minggu (11/9/2022).


Ia menuturkan, pada 2021 lalu dirinya juga sempat berpatisipasi dalam CFD tahap uji coba di lokasi yang sama. Hanya saja, setelah dilakukan evaluasi, akhirnya CFD tersebut tidak bisa dilanjutkan.

"Mudah-mudahan hari ini dibuka dan tidak ditutup kembali. Walaupun kasus COVID-19 belum 100 persen pulih, tapi kan kasusnya sudah sangat jauh melandai," ungkapnya.

Ia mengaku telah berjualan di CFD Lapangan Renon sejak 2018. Selama dua tahun CFD tak digelar, ia terpaksa berkeliling dalam mencari lokasi berjualan. Hal itu memungkinkan karena Heri menggunakan mobil untuk menjalankan usaha Gudeg Jogja Bu Yah.

Menurutnya, dalam acara CFD pagi tadi, antusias masyarakat cukup tinggi. Ia pun kecipratan rezeki karena gudeg jualannya banyak yang membeli. Bahkan, dalam rentang waktu dari pukul 07.00-09.00 Wita, sebanyak 70-80 porsi gudeg laku terjual.

"Mereka sangat antusias dan seperti tadi banyak sekali yang tidak kebagian. Tadi pagi saya bawa nasi 5 kg lebih dan sampai harus tambah nasi sekitar 1 kg dengan minta ke rumah saudara," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Wayan Sriawan mengatakan ada dua lokasi penyelenggaraan CFD di Denpasar, yakni Lapangan Renon dan Lapangan Lumintang. Saat ini, masyarakat umum sudah bisa kembali beraktivitas di areal CFD seperti ketika sebelum pandemi COVID-19.



Simak Video "Suasana CFD di Solo Usai 2 Tahun Absen karena Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)