Luhut Pastikan Putin-Zelensky Absen di KTT G20 Bali, Joe Biden Hadir

Road to G20

Luhut Pastikan Putin-Zelensky Absen di KTT G20 Bali, Joe Biden Hadir

Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Kamis, 10 Nov 2022 12:47 WIB
Denpasar -

Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Panjaitan memastikan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky absen alias tidak hadir dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi The Groups of Twenty (KTT G20) di Bali.

"Ya jadi saya kira resmi sudah diberitahu Presiden Rusia tidak datang tapi diwakili oleh petingginya," kata Luhut saat hadir di pusat komando (command center) Polda Bali bersama Kapolri dan Panglima TNI, Kamis (10/11/2022).

Luhut mengatakan bahwa Putin tidak hadir dalam KTT G20 karena mempunyai kesibukan di dalam negeri. Luhut pun mengajak agar menghormati keputusan tersebut.


"Ya mungkin kesibukan dari presiden Putin di dalam negeri yang kita juga harus hormati," jelas Luhut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) itu menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya sudah melakukan komunikasi via telepon dengan Putin. Hal itu dilakukan karena Presidensi berupaya mengakomodasi semua kepala negara G20.

"Sebagai ketua G20, Presiden (Jokowi) tentu ingin mengakomodasi semua. Beliau berkomunikasi dengan semua leaders dan saya kira dan itu yang terjadi (Putin tidak hadir). Mungkin itu yang terbaik buat kita semua," ungkap Luhut.

Sementara saat ditanya apakah Presiden Ukraina akan hadir dalam KTT G20, Luhut mengatakan Volodymyr Zelensky juga tidak hadir.

"Sama juga mereka berdua (tidak hadir). Mereka juga punya kesibukan yang kita harus hormati," tegas Luhut.

Ia juga menegaskan bahwa Presiden Jokowi sudah melaksanakan fungsinya sebagai Ketua G20 untuk melakukan komunikasi dan mencoba untuk membuat perdamaian.

Luhut juga menegaskan bahwa sampai saat ini Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memastikan bakal hadir dalam KTT G20.

"Ya sampai hari ini (Joe Biden) datang. Kita berdoa. Sampai hari ini 17 kepala negara yang akan hadir," terang Luhut.

"Dan saya kira pertemuan nanti bilateral antara Presiden Jokowi dengan (Joe) Biden dan juga presiden negara lain yang diatur atau dijembatani oleh Presiden Jokowi itu menunjukkan suatu sukses leadership daripada Presidensi G20," kata Luhut Binsar.

(dpra/hsa)