Puan Sebut PDIP Sudah Punya Nama Bakal Capres di Pemilu 2024

Triwidiyanti - detikBali
Rabu, 28 Sep 2022 23:48 WIB
Ketua DPR RI yang juga politisi PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani di Sedang, Abiansemal, Badung, Bali, Rabu (28/9/2022).
Ketua DPR RI yang juga politisi PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani di Sedang, Abiansemal, Badung, Bali, Rabu (28/9/2022). (Triwidiyanti/detikBali)
Badung -

Puan Maharani menyebut PDI Perjuangan (PDIP) sudah memiliki nama bakal calon presiden yang akan diusung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Puan pun menegaskan bahwa partainya siap membuka ruang untuk bersilaturahmi menuju pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Hal itu diungkapkan Puan kepada wartawan di sela-sela kunjungannya di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, (28/9/2022). Dalam kunjungan tersebut, Puan yang juga Ketua DPR RI itu sempat bertemu dengan para petani.

"Insyaallah, punyalah. Pastinya PDI Perjuangan partai yang siap berkomunikasi membuka ruang, bersilaturahmi. Harapannya nanti pada waktunya ada teman untuk bersama-sama menuju tahun 2024," ujar Puan.


Ditanya soal ambisi dirinya maju dalam Pilpres 2024, Puan menjawab secara diplomatis. Menurutnya, PDIP memungkinkan untuk mengusung calon sendiri lantaran memiliki cukup suara.

"PDI Perjuangan punya tiket sendiri sudah mencukupi suaranya, PDI Perjuangan sudah bisa maju. Sesuai jumlah suara yang ada, PDI Perjuangan tentu saja siap calon sendiri," imbuhnya.

Puan pun menanggapi pernyataan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut dirinya bersedia menjadi cawapres mendampinginya. "Tentu semuanya siap untuk ikut dalam kontestasi 2024. Kita doakan semuanya siap," ungkapnya.

Untuk diketahui, Cak Imin dan Puan Maharani sebelumnya bertemu dan ziarah ke makam ayah Puan, Taufiq Kiemas. Usai berziarah, Puan merayakan ulang tahun Cak Imin. Di depan Puan, Muhaimin berdoa agar doanya terkabul bisa menjadi wakil presiden.

"Moga-moga doanya terkabul dan saya minimal jadi wakil presiden," kata Muhaimin di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022) lalu. Pernyataan ini langsung disambut gelak tawa elite PKB dan PDIP.

Namun keinginan Cak Imin ini diduga akan terkendala pasalnya, PKB dan Gerindra telah sepakat menjalin koalisi di Pilpres 2024. Prabowo sendiri saat ditanya rencana Cak Imin bertanya ke dirinya soal kemungkinan menjadi Cak Imin menjadi cawapres Puan ia mengembalikan pertanyaan itu kepada Cak Imin.



Simak Video "Teka-teki Capres yang Akan Diusung PDIP"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)