Ditemukan Kandungan Pestisida, Mie Sedaap Ditarik di Hongkong

Ditemukan Kandungan Pestisida, Mie Sedaap Ditarik di Hongkong

Tim detikFinance - detikBali
Rabu, 28 Sep 2022 21:56 WIB
a bowl of noodles
Ilustrasi mi instan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Bali -

Produk mi instan asal Indonesia Mie Sedaap goreng rasa Korean Spicy Chicken kabarnya ditarik dari peredaran oleh Otoritas Hong Kong. Hal itu menyusul ditemukannya pestisida, etilen oksida, dalam produk tersebut oleh Center for Foods Safety (CFS) Hong Kong. CFS pun mengimbau masyarakat Hong Kong untuk tidak mengkonsumsi produk Mie Sedaap yang terkena pestisida walaupun sudah terlanjur membelinya.

"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian secara rutin di bawah Program Pengawasan Makanan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida," kata CFS dalam keterangan resmi, Rabu (28/9/2022), sebagaimana dikutip dari detikFinance.

Terkait penemuan tersebut, CFS kabarnya telah memberi tahu vendor yang bersangkutan. Badan tersebut juga memberikan instruksi untuk menghentikan penjualan dan menarik produk Mie Sedaap yang terkontaminasi pestisida dari pasar.


Tak hanya itu, CFS pun bakal menindaklanjuti kasus tersebut dengan mengambil tindakan yang sesuai. Termasuk mengingatkan kepada para pedagang.

"Menurut Residu Pestisida dalam Peraturan Pangan (Cap 132CM), makanan untuk konsumsi manusia yang mengandung residu pestisida hanya boleh dijual jika konsumsi makanan tersebut tidak berbahaya atau merugikan kesehatan. Pelaku dapat dikenakan denda maksimum 50.000 dolar Hong Kong dan penjara selama enam bulan setelah terbukti bersalah," demikian keterangan CFS.

Dilansir dari detikFinance, pihak Wings selaku produsen Mie Sedaap pun angkat bicara terkait informasi tersebut.Wings menyebut pihaknya telah menaati regulasi yang berlaku. Termasuk terkait standar keamanan pangan dari badan terkait, di antaranya Izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia, Sertifikat Halal (MUI), Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan, dan Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

Wings juga menyebut bahwa produk Mie Sedaap telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir. Pihaknya pun memastikan bahwa produk tersebut telah memenuhi standar wajib ekspor, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk.

"Upaya untuk tunduk pada peraturan yang berlaku ini merupakan komitmen Mie Sedaap sebagai bagian dari WINGS Group Indonesia yang telah hadir selama lebih dari 70 tahun, untuk menyediakan produk-produk berkualitas yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia karena kami percaya bahwa the best things in life should be accessible for all," ujar Sheila Kansil, Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia, dalam keterangan tertulis Rabu (28/29/2022)



Simak Video "Bahaya Etilen Oksida yang Bikin Mie Sedaap Ditarik di Hong Kong"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)