TPID Tabanan Intervensi Kenaikan Harga Cabai, 16 Ribu Bibit Disiapkan

TPID Tabanan Intervensi Kenaikan Harga Cabai, 16 Ribu Bibit Disiapkan

Chairul Amri Simabur - detikBali
Jumat, 23 Sep 2022 01:45 WIB
Ketua TPID Tabanan I Gede Susila dan Disperindag Tabanan melakukan monitoring di salah satu lahan tanam cabai di Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis (22/9/2022).
Ketua TPID Tabanan I Gede Susila dan Disperindag Tabanan melakukan monitoring di salah satu lahan tanam cabai di Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali, Kamis (22/9/2022). Foto: Istimewa
Tabanan -

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tabanan akan melakukan upaya intervensi terkait pasang surut harga komoditas cabai di pasaran. Upaya intervensi itu dilakukan dengan menggencarkan penanaman cabai di tingkat rumah tangga.

"Upaya intervensinya dari penanaman di pekarangan rumah," jelas Asisten II Sekretariat Daerah, I Wayan Kotio, Kamis (22/9/2022).

Kotio menjelaskan, upaya tersebut akan dilakukan dengan membagikan bibit ke seluruh desa-desa melalui pengurus Tim Penggerak PKK. Ia menjelaskan, total ada 16 ribu bibit yang disediakan dan akan dibagikan. Sebanyak 13 ribu bibit disiapkan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Dharma Santika dan tiga ribu oleh Bank Indonesia.


"Nanti akan diserahkan ke masing-masing desa melalui PKK. Total ada 16 ribu bibit," ungkap mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Tabanan ini.

Kotio juga menyebutkan, upaya intervensi ini dilakukan untuk menanggulangi inflasi yang salah satunya disebabkan oleh harga cabai di pasaran. Selain upaya intervensi melalui penanaman cabai di masing-masing rumah tangga, TPID Tabanan juga memastikan ketersediaan cabai dari sisi petani.

Karena itu, TPID yang diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) Tabanan I Gede Susila bersama Dinas Pertanian melakukan monitoring penanaman cabai di wilayah Desa Gunung, Kecamatan Tabanan.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tabanan per 19 September 2022, harga cabai rawit merah mengalami kenaikan dari Rp 50 ribu menjadi Rp 70 ribu atau sebesar Rp 20 ribu.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)