Pembangunan Sirkuit di Anjungan Cerdas Jembrana Telan Anggaran Rp 9 M

Pembangunan Sirkuit di Anjungan Cerdas Jembrana Telan Anggaran Rp 9 M

Tim detikBali - detikBali
Selasa, 20 Sep 2022 18:30 WIB
Anjungan Cerdas Rambut Siwi di Jalan Denpasar - Gilimanuk Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana.
Foto: I Ketut Suardika
Jembrana -

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkapkan rencana pembangunan sirkuit road race di Anjungan Cerdas Rambut Siwi di Jalan Denpasar-Gilimanuk Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana masih dalam tahap pengusulan ke pusat. Pembangunan sirkuit itu rencananya akan menggunakan anggaran APBN sebesar Rp 9 miliar dan ditargetkan untuk penganggaran di tahun 2023.

"Iya targetnya tahun depan. Kalau itu disetujui," ungkap Bupati Tamba, Selasa (20/9/2022).

Bupati Tamba juga telah meminta ke pemerintah pusat agar Anjungan Cerdas Rambut Siwi dapat diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana. Usulan tersebut telah mendapat lampu hijau dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk pengelolaan aset milik kementerian PUPR.


"Beliau (Menteri PUPR) setuju. Tetapi catatan beliau bahwa di situ nanti akan ada booth-booth UMKM. Dan saya juga usulkan pasar modern ada di tempat itu," ungkapnya.

Sehingga, diharapkan dengan adanya pembangunan sirkuit ini nantinya bisa membangkitkan perekonomian yang ada di Jembrana. Selain juga, untuk memaksimalkan pemanfaatan fasilitas gedung Anjungan Cerdas yang selama ini terkesan mangkrak.

Menurutnya, keberadaan sirkuit ini nantinya bisa mendatangkan penggemar balapan tidak saja dari lokal Jembrana yang akan datang berlatih di situ, tetapi juga dari seluruh Bali. Karena sirkuit ini nanti merupakan satu-satunya yang ada di Bali.

Untuk design sirkuit ini, kata Tamba, rencana pembangunan sirkuit road race ini akan mengelilingi areal Anjungan Cerdas Rambut Siwi seluas sekitar 4,7 hektar. Saat ini desain sirkuit masih dalam proses pembuatan.

Untuk diketahui, Kabupaten Jembrana juga telah memiliki sirkuit Perancak yang sering dijadikan lokasi kejuaraan road race. Sejak tahun 1990 berbagai event sudah pernah digelar di Sirkuit Perancak seperti motocross, grasstrack, road race, offroad baik skala kejurda hingga skala kejurnas.



Simak Video "Alasan Jakarnaval Digelar di Sirkuit Formula E"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)