Terbaru, Syarat Naik Pesawat Wajib Booster-Tidak Harus PCR

Terbaru, Syarat Naik Pesawat Wajib Booster-Tidak Harus PCR

tim detikNews - detikBali
Selasa, 30 Agu 2022 22:32 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi ruang tunggu bandara. Terbaru, Syarat Naik Pesawat Wajib Booster-Tidak Harus PCR. Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext
Bali -

Informasi penting bagi pelaku perjalanan udara atau pesawat. Pemerintah merilis syarat naik pesawat terbaru melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19.

Dilansir dari detikNews, surat edaran tersebut mengatur penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri yang menggunakan transportasi udara atau pesawat, untuk mencegah kenaikan penularan COVID-19.

Syarat naik pesawat terbaru ditetapkan Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono pada 26 Agustus 2022, dan mulai berlaku 29 Agustus 2022. Aturan bepergian menggunakan pesawat ini dapat berubah sewaktu-waktu dan dilakukan perbaikan sesuai petunjuk atau pemberitahuan dari instansi berwenang.


Wajib Vaksin Booster

Pelaku perjalanan orang dalam negeri dengan pesawat pada masa pandemi COVID-19 wajib mendapatkan vaksinasi booster. Berikut persyaratan naik pesawat selengkapnya.

  • Pelaku perjalanan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri
  • Pelaku perjalanan dengan usia 18 tahun ke atas wajib sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster)
  • Pelaku perjalanan berstatus WNA dari luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas wajib sudah mendapatkan vaksin dosis kedua
  • Pelaku perjalanan dengan usia 6-17 tahun wajib sudah mendapatkan vaksin dosis kedua
  • Pelaku perjalanan dengan usia 6-17 tahun berasal dari perjalanan luar negeri tidak diwajibkan vaksinasi
  • Pelaku perjalanan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun harus melakukan perjalanan dengan pendamping.

Tidak Harus PCR atau Antigen

Pelaku perjalanan tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Syarat ini berlaku bagi pelaku perjalanan yang sudah memenuhi syarat vaksinasi dan melakukan perjalanan dalam negeri dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Syarat Khusus Penumpang Komorbid

Bagi pelaku perjalanan yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, tidak diwajibkan terhadap syarat vaksinasi. Penumpang tersebut juga tidak wajib menunjukkan hasil tes PCR atau Rapid Test Antigen.

Namun penumpang tersebut wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah. Di mana surat tersebut menyatakan yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

Itulah syarat naik pesawat terbaru yang mulai berlaku 29 Agustus 2022. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang hendak melakukan perjalanan udara.



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Kegiatan-Perjalanan"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)