Heboh Jemaah Perempuan Pakai Ihram Laki-laki Saat Umrah

tim detikTravel - detikBali
Minggu, 14 Agu 2022 08:47 WIB
Bali - Heboh video jemaah perempuan memakai baju ihram laki-laki saat umrah. Perempuan tersebut terlihat berfoto selfie di dekat Ka'bah.

Netizen Malaysia menyebut orang dalam video tersebut sebagai perempuan yang mirip laki-laki. Ia berambut pendek, berkacamata, dan mengenakan masker berwarna biru. Bahu orang tersebut terekspos karena mengenakan pakaian ihram laki-laki.

Video viral tersebut langsung mendapatkan berbagai reaksi dari netizen, khususnya publik Malaysia. Bahkan, ada yang mendoakan orang tersebut terkena azab.

"Kok bisa, rombongan dia ga ada yang negur. Pemimpin jemaahnya ke mana," cuit salah satu akun, dilansir dari detikTravel.

"Bukannya ada auto azab ya?" salah satu netizen mencuit.

"Perbuatan bodoh, egois, dan tidak menghargai," yang lain menimpali.

Sementara itu, Menteri Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Malaysia, Datuk Idris Ahmad berjanji akan menindak tegas orang tersebut, jika video tersebut benar-benar perempuan memakai ihram laki-laki.

"Saya prihatin dengan tuduhan yang telah menyebar yang melaporkan seorang wanita melakukan umrah, tetapi mengenakan ihram seorang pria. Masalah ini menyangkut hukum agama. Tindakan tegas akan diambil," ujarnya.

Ia mengaku sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri (KDN) dan meminta untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kedatangan orang tersebut di Malaysia.

"Saya juga telah menghubungi MOTAC (Kementerian Pariwisata Seni dan Budaya Malaysia) untuk memastikan bahwa jika ini benar, tindakan tegas juga akan diberikan kepada agensi yang mengurusi individu tersebut," ujarnya.

Seperti diketahui, Arab Saudi sudah membuka kembali umrah untuk umat muslim di seluruh dunia. Jemaah juga sudah bisa beribadah di Masjidil Haram, termasuk mencium Hajar Aswad. Selama pandemi jemaah dilarang untuk mencium Hajar Aswad untuk mencegah penularan virus.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengizinkan semua jenis visa untuk bisa melakukan ibadah umrah, termasuk untuk visa turis juga diizinkan melakukan umrah. Kementerian Agama Indonesia menjelaskan saat ini semua jenis visa bisa melakukan umrah di Arab Saudi, artinya orang yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa selain umrah, juga dapat beribadah umrah.


(irb/irb)

Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Foto

detikNetwork