Gerindra-PKB Sah Berkoalisi, Cak Imin Sebut Ada yang Coba Menghalangi

Tim detikNews - detikBali
Sabtu, 13 Agu 2022 13:01 WIB
Momen Gerindra-PKB Resmikan Koalisi untuk Pilpres 2024!
Momen Gerindra-PKB Resmikan Koalisi untuk Pilpres 2024! (Foto: istimewa)
Bali -

Gerindra dan PKB kini sah berkoalisi. Kedua partai telah meneken piagam deklarasi koalisi menujuPilpres 2024 di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat mengungkap adanya pihak-pihak yang mencoba menghalangi terjadinya koalisi PKB dengan Gerindra.

"Pak Prabowo beserta seluruh jajaran yang saya cintai dan saya banggakan, PKB sebelum berangkat dan jalan ke sini, banyak yang mengganggu dan mengharapkan kita tidak jadi berangkat ke sini," kata Cak Imin dikutip dari detikNews.

Namun, Cak Imin menyebut PKB sudah bertekad membangun kerjasamadengan Gerindra guna memajukan bangsa ke depannya. Menurut Cak Imin, optimisme itulah yang membuat PKB tidak mengikuti pihak yang coba menghalang-halangi.


"Saya yakin dan optimis kebersamaan kita hari ini mengukir sejarah Indonesia masa depan yang lebih damai, yang lebih tentram, yang lebih adil, dan lebih makmur dan sejahtera. Karena itu untuk tujuan mulia seperti itu insyaallah tidak akan ada yang menghalangi kebersamaan PKB dan Gerindra di masa-masa yang akan datang," ujarnya.

Diberitakan detikNews, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebelumnya telah meneken piagam deklarasi. Terlihat Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan pejabat teras kedua parpol mendampingi.

Setelah itu, keduanya mengangkat piagam deklarasi yang telah ditandatangani. Riuh sorak para kader langsung memenuhi seantero ruangan.

Koalisi Gerindra-PKB selanjutnya menyerahkan urusan soal capres dan cawapres kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Adapun piagam deklarasi koalisi kedua partai dibacakan oleh Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid. Mereka membacakan isi piagam deklarasi yang memuat beberapa poin tersebut di depan para kader.

"Kami Partai Gerindra dan PKB sepakat bekerja sama dalam pemilu serentak 2024," kata Dasco saat membacakan salah satu poin piagam deklarasi koalisi Gerindra-PKB, dikutip dari detikNews.

"Capres dan cawapres oleh kerjasama PKB dan Gerindra akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Muhaimin Iskandar," sebut Jazilul saat membacakan poin lainnya di piagam deklarasi koalisi.

Sementara itu, Prabowo Subianto juga sempat menyatakan siap maju capres di Pilpres 2024. Prabowo menerima permintaan para kader yang menginginkan sang ketum kembali maju nyapres untuk ketiga kalinya.

"Saudara-saudara dengan demikian dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama, sikap setiap DPD dan setiap sayap partai, yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024," kata Prabowo di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan Saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Indonesia," kata Prabowo.



Simak Video "Prabowo Akan Tentukan soal Maju Capres 2024 Malam Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/kws)