Mobil Listrik Lexus Rp 1,4 M Jadi Kendaraan Utama Delegasi G20 di Bali

Tim detikFinance - detikBali
Kamis, 11 Agu 2022 04:38 WIB
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan serah terima mobil listrik yang dipinjamkan oleh PT Toyota Astra Motor. Nantinya mobil listrik ini digunakan untuk kendaraan pimpinan dan tamu-tamu negara dalam pertemuan KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Mobil listrik yang dipinjamkan merupakan jenis Lexus UX 300e sebanyak 143 unit.
Melihat dari Dekat Mobil Listrik Lexus untuk Delegasi G20. Foto: Rifkianto Nugroho
Denpasar -

Mobil listrik Lexus UX 300e akan menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Mobil listrik Lexus UX 300e adalah keluaran PT Toyota Astra Motor (TAM) yang harganya sebesar Rp 1,4 miliar.

Dikutip dari detikFinance, Toyota akan menyumbang sebanyak 143 unit. Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan harga mobil listrik Lexus UX 300e di pasaran sekitar Rp 1,4 miliar. "Rp 1,4 miliaran harganya," katanya, Rabu (10/8/2022).

Wakil Presiden TAM Henry Tanoto merasa bangga bahwa pihaknya mendapat kepercayaan untuk mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia tahun ini. Dukungan disebut akan terus diberikan sampai acara puncaknya pada KTT nanti.



"Untuk meningkatkan mobilitas, kami siapkan salah satu kendaraan baterai terbaik kami yaitu Lexus UX 300e sebagai salah satu kendaraan resmi KTT G20," ujar Henry di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat menjajal mobil listrik tersebut di lingkungan kantornya, ditemani oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Dia pun menceritakan pengalamannya mengendarai mobil listrik tersebut. "Smooth, mantap, cocok buat G20, ini full EV," tuturnya.

Airlangga menjelaskan sampai saat ini sudah ada beberapa industri otomotif nasional menyatakan berpartisipasi dalam penyelenggaraan G20. Mobil yang akan mondar-mandir tersebut hanyalah dipinjamkan.

"Wuling 300, ini (Toyota) 143, ada juga untuk kepala negara dari Hyundai 46 unit. Mobil sudah lengkap sambil itu ada bus (listrik) juga," tandasnya.


Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan serah terima mobil listrik yang dipinjamkan oleh PT Toyota Astra Motor. Nantinya mobil listrik ini digunakan untuk kendaraan pimpinan dan tamu-tamu negara dalam pertemuan KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Mobil listrik yang dipinjamkan merupakan jenis Lexus UX 300e sebanyak 143 unit.Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melakukan serah terima mobil listrik yang dipinjamkan oleh PT Toyota Astra Motor. Nantinya mobil listrik ini digunakan untuk kendaraan pimpinan dan tamu-tamu negara dalam pertemuan KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang. Mobil listrik yang dipinjamkan merupakan jenis Lexus UX 300e sebanyak 143 unit. Foto: Rifkianto Nugroho


Simak Video "Indonesia Bawa 5 Misi Kesehatan di G20"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)