Terpeleset-Jatuh, Pendaki China Cedera Lutut di Jalur Sembalun Rinjani

Ahmad Viqi - detikBali
Selasa, 09 Agu 2022 20:39 WIB
Pendaki Asal China terpeleset di Gunung Rinjani. Dua lutut korban bengkak
Foto: Pendaki Asal China terpeleset di Gunung Rinjani. Dua lutut korban bengkak. (istimewa)
Lombok Timur -

Seorang pendaki asal China atas nama Hui Ki Ki (36) terpeleset lalu jatuh di jalur menuju Danau Segara Anak dari Pelawangan Sembalun Gunung Rinjani sekitar pukul 16.00 WITA, pada Minggu (7/8/2022).

Kepala Resort Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Wilayah Sembalun Taufikurrahman mengatakan korban diduga terpeleset di jalur pendakian kemudian mengalami cedera pada kedua lututnya di jalur Danau Segara Anak Rinjani.

"Tim mendapat informasi Minggu (7/8) sore pukul 17.00 WITA. Korban ini diantar oleh Tracking Order (TO) Tuti Rinjani Tracker," kata Taufik, Selasa malam (9/8/2022).


Korban diduga terpeleset kemudian jatuh saat melintasi trek menurun dari arah Plawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak di sekitar kilometer 10. Karena kedua lutut korban bengkak dan tidak bisa berjalan, guide dan porter korban sempat menggendong korban menuju area Camp Danau Segara Anak.

"Korban ini kan sempat digendong porter dan guide secara giliran sampai di area camp Danau Segara Anak untuk mendapatkan perawatan sementara," kata Taufik.

Mendapat kabar tersebut, pada hari Senin pagi (8/8/2022) pukul 08.30 WITA, tim evakuasi yang terdiri dari 10 porter dan 2 tenaga medis dan bergerak menuju Danau Segara Anak. Tim evakuasi tiba di lokasi pada pukul 16.00 WITA sore.

"Dua lutut korban ini bengkak kemudian pukul 17.00 WITA, tim evakuasi membawa korban menggunakan tandu menuju Plawangan Sembalun dan tiba di Shelter Emergency Plawangan Sembalun pada pukul 21.00 WITA malam," katanya.

Korban berhasil tiba di Shelter TNGR pada Hari Selasa (9/8/2022) dini hari sekitar pukul 03.30 WITA dalam keadaan selamat.

"Korban sudah kita rawat sementara di Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis. Saat ini korban sudah dalam kondisi baik. Jadi lututnya itu tidak ada luka, cuma ada radang dan bengkak," kata Taufik.

Menurutnya, korban Hui Ki Ki berangkat menuju Gunung Rinjani bersama satu orang rekannya menuju Puncak Gunung Rinjani pada, Sabtu (6/8/2022). Korban berhasil mencapai puncak Rinjani pada Minggu (7/8/2022) pagi. Sekitar pukul 12.00 WITA, korban bersama satu rekannya, guide dan satu orang pramuantar (poster) turun menuju Danau Segara Anak Rinjani.



Simak Video "Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok, Banyak Jalan Pintas Seru"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)