Kemenkes Nyatakan Pasien di Jawa Tengah Negatif Cacar Monyet

Tim detikHealth - detikBali
Minggu, 07 Agu 2022 08:44 WIB
Apa Itu Cacar Monyet, Kini Ditetapkan Jadi Darurat Kesehatan Global
Ilustrasi Cacar Monyet. Foto: Getty Images/iStockphoto/turk_stock_photographer
Denpasar -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akhirnya mengungkap hasil tes kedua pria berusia 55 tahun sebagai pasien suspek cacar monyet di Jawa Tengah. Pasien itu dinyatakan negatif cacar monyet setelah dilakukan swab sampel tenggorokan (orofaring) dan sampel pada lesi kulit suspek.

"Pagi ini hasil dari sampel lesi kulit negatif," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu, Sabtu (7/8/2022) seperti dikutip dari detikHealth.

Sebelumnya yakni pada Kamis (4/8/2022), juru bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril sempat menjelaskan terdapat dua tes tahap tes yang dijalani suspek tersebut. Pertama yakni tes menggunakan sampel dari orofaring, kedua tes dengan sampel dari lesi di kulit.


Saat itu, Syahril mengabarkan, hasil tes dari sampel orofaring suspek tersebut menunjukkan hasil negatif. Dengan tambahan hasil tes terbaru dari lesi kulit, suspek tersebut dinyatakan negatif cacar monyet.

Diketahui, suspek asal Pati, Jateng, tersebut merupakan suspek cacar monyet ke-10 di Indonesia. Sebelumnya, sudah ada sembilan suspek cacar monyet. Seluruhnya dinyatakan negatif cacar monyet berdasarkan hasil tes.

Prosedur Tes Cacar Monyet

Dalam kesempatan lainnya, Ketua Satgas Monkeypox (cacar monyet) PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus dr Hanny Nilasari, SpKK menjelaskan hal senada. Menurutnya, terdapat dua tahap pemeriksaan cacar monyet yakni swab pada orofaring dan swab pada lesi kulit.

"Semakin baru lesinya tentunya jumlah virus akan terdeteksi semakin banyak. Sensitivity rate untuk pemeriksaannya menjadi lebih tinggi. Kalau dibandingkan antara orofaring dan swab lesi yang di kulit itu tentunya yang paling sensitivitasnya adalah swab lesi di kulit," terangnya dalam terangnya dalam diskusi daring, Jumat (5/8/2022).

"Kalau salah satu dari hasil pemeriksaan positif, itu terkonfirmasi positif," ungkap dr Hanny lebih lanjut.



Simak Video "Kemenkes RI Tengah Siapkan Vaksinasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)