Ngeri! Paru-paru Pria di Malaysia Bocor gegara Kebiasaan Ngevape

Tim detikHealth - detikBali
Senin, 01 Agu 2022 11:23 WIB
Duh! Paru-paru Pria Ini Bocor Gegara Kebiasaan Ngerokok Plus Ngevape
Paru-paru bocor gegara vape. Foto: Facebook/ Mohamad Faris Ifwat
Denpasar -

Seorang pria di Malaysia menceritakan pengalaman buruk gara-gara kebiasaan merokok menggunakan rokok elektrik atau vape di media sosial Facebook. Pria itu membagikan kondisinya yang mengalami paru-paru bocor.

Dikutip dari detikHealth, Senin (1/8/2022) pria bernama Mohamad Faris Ifwat mengaku mengidap paru-paru bocor atau spontaneous pneumothorax. Kondisi itu terjadi secara tiba-tiba atau spontan yang menyebabkan paru-paru tidak bisa mengembang dengan normal.

Paru-paru bocor dikenal dengan istilah pneumothorax. Pneumothorax terjadi ketika ada kebocoran udara ke dalam ruang antara paru-paru dan dinding dada. Akibatnya paru jadi terdesak oleh udara yang bocor, menimbulkan rasa nyeri, hingga akhirnya kesulitan bernapas.


Akibat kondisi itu, Faris harus dirawat selama seminggu di Rumah Sakit Teluk Intan.

"Alhamdulillah, aku keluar dari rumah sakit setelah dirawat di bangsal selama hampir seminggu karena sesak napas akibat masalah paru-paru, yang disebabkan oleh vaping dan merokok," tutur Faris yang dikutip dari laman Mstar, Senin (1/8/2022).

"Kondisi ini membuat paru-paru kananku tertekan oleh udara yang terperangkap dan kemudian menjadi mengkerut," sambungnya.

Akibat kondisi itu, dokter harus mengeluarkan udara dengan cara memasukkan selang lewat dada kanan Faris. Ini merupakan prosedur yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Jika prosedur ini terlambat dilakukan, bisa menyebabkan kegagalan paru-paru. Prosedur tersebut dilakukan selama lebih dari 72 jam.

"Alhamdulillah setelah lebih dari 72 jam memakai chest tube, udara yang terperangkap dapat dikeluarkan. Dan chest tube ini dilepaskan pada hari keempat," jelas Faris.

Usai prosedur dilakukan, kondisi paru-paru Faris masih lemah. Butuh beberapa waktu agar paru-parunya bisa kuat kembali. Melihat kondisinya ini, Faris mengingatkan banyak orang betapa berbahayanya rokok dan vape.

"Sekarang paru-paru saya masih lemah dan memerlukan latihan untuk menguatkannya seperti biasa," kata Faris.

"Untuk teman-teman, ingat betapa berbahayanya hal ini (rokok)," pungkasnya.



Simak Video "3 Siswi SMK di Manado Viral Merokok dalam Kelas Diskors"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)