Profil Negara Sri Lanka dan Sosok Presiden Gotabaya Rajapaksa

Profil Negara Sri Lanka dan Sosok Presiden Gotabaya Rajapaksa

Tim detikFinance, Tim detikNews - detikBali
Minggu, 10 Jul 2022 21:52 WIB
Sri Lanka di Mana? Serba-serbi Sri Lanka yang Kini Bergejolak
Simak artikel berikut ini untuk mengetahui profil negara Sri Lanka dan sosok Presiden Gotabaya Rajapaksa yang didemo serta dituntut mundur oleh rakyatnya. (Foto: AP/Eranga Jayawardena)
Bali -

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui profil negara Sri Lanka dan sosok Presiden Gotabaya Rajapaksa yang didemo serta dituntut mundur oleh rakyatnya.

Sri Lanka saat ini tengah mengalami kebangkrutan. Hal itu ditegaskan oleh Perdana Menteri (PM) Sri Lanka Ranil Wickremesinghe. Ia menyebut, negaranya sedang menderita akut akibat krisis ekonomi berkepanjangan.

Dilansir detikNews dari AFP, negara dengan sistem pemerintahan semi-presidensial tersebut dilanda inflasi selama berbulan-bulan. Pemerintah kehabisan mata uang asing untuk mengimpor barang-barang vital. Mereka kekurangan pangan, bahan bakar serta obat-obatan secara akut akan terus berlanjut.


Krisis membuat negara tersebut bergejolak. Rakyat marah. Massa rakyat dari berbagai wilayah di Sri Lanka berkumpul menyerbu rumah dinas Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, Sabtu (9/7/2022). Mereka menuntut Rajapaksa mengundurkan diri. Dan, kabarnya Rajapaksa bersedia melepas jabatannya pada 13 Juli mendatang.

Lantas, seperti apa profil negara Sri Lanka dan sosok presiden Gotabaya Rajapaksa?

Profil Negara Sri Lanka

Dilansir dari detikNews, Sri Lanka memiliki nama resmi Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka. Sebelumnya, Sri Lanka juga dikenal sebagai Ceylon,sebutan yang diberikan pada masa kolonialisme Inggris.

Sri Lanka merupakan sebuah negara kepulauan yang letaknya berada di pesisir tenggara India. Sri Lanka terletak di Benua Asia (Asia Selatan). Negara ini memiliki luas wilayah yaitu 65.610 km2.

Ibukota negara Sri Lanka adalah Kolombo dan Sri Jayawardenapura Kotte. Negara Sri Lanka menggunakan sistem pemerintahan semi-presidensial. Adapun mata uang yang digunakan adalah Rupee Sri Lanka (LKR).

Secara demografis, jumlah penduduk di negara Sri Lanka adalah sekitar 22 juta jiwa. Agama mayoritas Sri Lanka adalah agama Buddha, selain itu ada juga Hindu, Islam, Kristen, dan lainnya.

Berikutnya, bahasa resmi dan nasional yang digunakan di negara Sri Lanka adalah Bahasa Sinhala dan Tamil. Adapun Bahasa Inggris menjadi bahasa persatuan berdasarkan Konstitusi Sri Lanka.

Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan seperti dalam pemerintahan, pendidikan, ilmiah, dan komersial. Untuk diketahui, Sri Lanka merupakan salah satu negara Asia yang menjadi bagian dari negara persemakmuran Inggris.

Halaman selanjutnya: Sosok Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa...



Simak Video "Pakai Pesawat Militer, Presiden Sri Lanka Kabur ke Maladewa"
[Gambas:Video 20detik]