Presiden Rusia Konfirmasi Bakal Hadir di KTT G20 Bali

Tim detikNews - detikBali
Selasa, 28 Jun 2022 16:09 WIB
Infografis daftar negara sasaran balas dendam Putin
Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin (Infografis detikcom/Fuad Hasim)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menerima undangan Indonesia untuk ikut ambil bagian dalam pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. Rencana kehadiran Putin ini diumumkan Pembantu Presiden, Yury Ushakov.

"Ya sudah kami konfirmasi. Partisipasi kami sudah ditetapkan," katanya dikutip dari Kantor Berita TASS, Selasa (28/6/2022).

Meski begitu, ia masih belum bisa memastikan apakah Putin akan hadir secara langsung atau mengikuti pertemuan tersebut lewat video conference.


"Untuk saat ini, mereka telah diundang untuk berpartisipasi secara pribadi, tetapi masih banyak waktu. Saya berharap situasi pandemi memungkinkan untuk mengadakan forum penting ini secara tatap muka," katanya. dikatakan.

Beberapa negara, lanjut Ushakov, melakukan pertemuan secara tertutup karena saat ini masih dalam kondisi pandemi.

"Kami telah menerima undangan resmi, ini sangat penting mengingat tekanan selama ini dan masih dihadapi oleh bangsa Indonesia," tambahnya.

Ushakov menegaskan, masalah ini akan menjadi agenda kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Moskow pada 30 Juni mendatang. Ia juga bercerita Jokowi telah mengundang Putin secara resmi untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

"Kami mengucapkan terima kasih atas undangannya dan mengatakan bahwa kami akan tertarik untuk berpartisipasi. Masih banyak waktu yang tersisa. Kita lihat saja nanti," tutup Ushakov.



Simak Video "Ucapan Selamat Putin Atas Keberhasilan Pasukannya Menguasai Luhansk"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)