Vespa World Days 2022 Bali

Solidaritas Penunggang Vespa, Saling Bantu Saat Mogok di Jalanan

I Ketut Suardika - detikBali
Kamis, 09 Jun 2022 18:36 WIB
Sejumlah penggemar Vespa yang hendak mengikuti helatan Vespa World Days (VWD) beristirahat di rumah Gede Bladur, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Kamis (9/6/2022).
Sejumlah penggemar Vespa yang hendak mengikuti helatan Vespa World Days (VWD) beristirahat di rumah Gede Bladur, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Kamis (9/6/2022). (Foto: I Ketut Suardika/detikBali)
Jembrana -

Ribuan penunggang Vespa dari berbagai daerah masuk ke Pulau Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. Di sepanjang Jalan Gilimanuk-Denpasar, misalnya, mereka tampak saling bantu ketika ada salah satu pengendara Vespa yang tiba-tiba motornya mogok di tengah jalan. Meski tidak saling kenal, mereka dengan senang hati memberi pertolongan terhadap Vespa yang mogok tersebut.

Satu Vespa, sejuta saudara. Tampaknya ungkapan tersebut bukan sekadar ungkapan bagi para penghobi Vespa. Keakraban sesama penunggang Vespa dari berbagai daerah di Indonesia terlihat betul di jalanan Bali beberapa hari terakhir. Ribuan pengendara Vespa tersebut berdatangan untuk menghadiri helatan Vespa World Days (VWD) 2022 yang digelar di Nusa Dua dari 9-12 Juni 2022.

Pengamatan detikBali, para penunggang Vespa ini juga kerap berhenti di tempat komunitas Vespa yang mereka lalui. Baik sekadar mampir maupun silaturahmi sesama penggemar Vespa. Seperti terlihat di rumah Gede Subawa, Ketua Komunitas Skuter Tugu Tuwed, di Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (9/6/2022).


Sejak lima hari terakhir, Subawa menyebut sudah ada ratusan orang dari berbagai daerah di Indonesia yang berkunjung ke rumahnya.

"Sudah sekitar lima harian, kurang lebih ratusan mampir," ungkapnya.

Mereka yang mampir, kata Subawa, bukan karena saling kenal, melainkan karena rasa solidaritas yang demikian kuat. Saat sejumlah penunggang Vespa mogok di jalan dan Subawa kebetulan lewat, ia akan langsung memberikan bantuan. Selain itu, ada pula yang menghampiri rumah Subawa karena direkomendasikan oleh sesama komunitas Vespa dari berbagai wilayah.

"Tidak saling kenal sebelumnya, tapi bisa berteman seperti saudara. Karena sesuai motto, satu Vespa sejuta saudara," kata pria yang akrab disapa Gede Bladur oleh kalangan Komunitas Vespa Indonesia itu.

Salah satu penunggang Vespa, Teguh Harimukti Wibowo asal Brebes Jawa Tengah membenarkan bahwa dirinya tidak mengenal Gede Bladur. Mereka saling kenal justru saat Vespa miliknya mogok dan ditolong oleh Gede Bladur.

"Dibantu sama Pak Gede, terus saya mampir ke rumahnya," ujar Teguh.

Sementara itu, Alia Ambar, penunggang Vespa lainnya asal Cirebon Jawa Barat menceritakan dirinya sudah melakukan perjalanan selama lima hari hingga tiba di Pulau Bali. Ia pun merasakan tingginya solidaritas sesama pengendara Vespa selama perjalanan tersebut.

"Kita nggak bisa tinggalkan teman. Kalau ada teman mogok, ya kita berhenti juga bantuin juga," sahut

"Memang benar satu Vespa sejuta saudara," tambahnya.

Seperti diketahui, ribuan pengendara Vespa telah masuk ke Pulau Bali untuk menghadiri helatan Vespa World Days (VWD) 2022 yang digelar di Nusa Dua, Bali. Acara yang melibatkan ribuan peserta baik dari dalam maupun luar negeri tersebut digelar dari 9-12 Juni 2022.

Informasi yang dihimpun detikBali, event VWD juga dirangkai dengan Camping Ground Vespa World Days yang dipusatkan di Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan. Camping Ground Vespa World Days tersebut dirangkai dengan berbagai acara hiburan dari sejumlah band serta terdapat pula stand UMKM di area acara.



Simak Video "Wujud Vespa Berbahan Tembaga yang Dijual Rp 1 Miliar!"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)