Patung Pahlawan Kebanggaan Warga Gianyar Kapten Dipta Diresmikan

Tim detikBali - detikBali
Rabu, 13 Apr 2022 20:30 WIB
Suasana peresmian Patung Dipta di Gianyar
Peresmian Patung Pahlawan Kapten I Wayan Dipta di Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali (Foto: IST)
Gianyar -

Patung Pahlawan Kapten I Wayan Dipta di ujung pertigaan Buruan, Jalan Dharmagiri-Wisma Udayana, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali akhirnya diresmikan, Selasa (12/4) malam.

Momentum peresmian patung pahlawan ini dihelat tepat saat tanggal gugurnya Kapten I Wayan Dipta yakni pada 12 April 1946 silam.

"Mewakili keluarga besar, kami mengucapkan terima kasih kepada bupati Gianyar yang telah menyerap aspirasi,"ungkap perwakilan keluarga besar Kapten I Wayan Dipta, Ni Ketut Sri Handayani.


Selanjutnya, dengan diresmikannya Patung Dipta, iapun mengajak generasi muda khususnya di Gianyar untuk mewarisi semangat perjuangan sang pahlawan dalam membangun negeri.

"Artinya dengan berdirinya Patung Kapten I Wayan Dipta, kita semua masih mengenang sejarah perjuangan Kabupaten Gianyar," imbuhnya.

Diketahui, Kapten I Wayan Dipta merupakan Pahlawan asal Gianyar.

Mengawali pendidikan di Gianyar dan melanjutkannya di Taman Siswa Denpasar. Kemudian, Kapten Dipta melanjutkan pendidikan menengah tinggi di Yogyakarta.

Kemudian di awal kemerdekaan, seusai amanat proklamator RI Ir Soekarno, Presiden RI pertama itu meminta agar para pelajar yang terdidik diarahkan pulang ke daerah untuk bergerak mempertahankan kemerdekaan.

Atas amanat itu, Dipta yang ketika itu ikut tergabung dalam Pemuda Republik Indonesia (PRI) ditugaskan mengkoordinir gerakan mempertahankan kemerdekaan di Kabupaten Gianyar.

Hingga akhirnya, Perjuangan Dipta bersama pejuang lain terbongkar lalu ditangkap dan ditembak. Dipta gugur dalam perjuangan itu.

SementaraBupati Gianyar, Made Mahayastra menyatakan dipilihnya patung Kapten I Wayan Dipta, karena Dipta merupakan sosok pemimpin pergerakan di Gianyar.

"Pejuang kita banyak. Tapi tidak semuanya harus dibuatkan patung yang penting terwakili. Dan Kapten Dipta merupakan pemimpin gerakan mempertahankan kemerdekaan di Gianyar" terang Mahayastra.

Sedangkan terkait Patung Dipta yang kini menjadi kebanggaan warga Gianyar, Patung Dipta dibuat pematung Wayan Sudarwa.

Patung dibuat semirip wajah Dipta dan berdiri dengan warna putih menghadap ke barat.

Patung Dipta memiling tinggi 6,5 meter ditambah pedestal 7 meter. Sehingga secara keseluruhan, tinggi patung mencapai 13,5 meter. (*)



Simak Video "Segarnya Siraman Deras Air Terjun Kanto Lampo, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)