Sandiaga Uno Optimis 1,1 Juta Lapangan Kerja Tercipta Lewat UMKM

Riau

Sandiaga Uno Optimis 1,1 Juta Lapangan Kerja Tercipta Lewat UMKM

Raja Adil Siregar - detikSumut
Senin, 19 Sep 2022 01:21 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno. Istimewa
Foto: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno. Istimewa
Pekanbaru -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno optimis 1,1 juta lapangan kerja tercipta lewat UMKM. Keyakinan itu diungkapkan setelah mengunjungi sejumlah stand UMKM di Pekanbaru, Riau.

Sandiaga Uno berkunjung ke stand-stand UMKM di Mall Ciputra Pekanbaru. Sandi yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat dan Pejabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengaku terharu saat melihat potensi UMKM terus bangkit.

"Saya terharu sekali karena hari ini di kota kelahiran saya kita menutup rangkaian road show apresiasi kreasi Indonesia. 16 kota selama tahun ini telah kami kunjungi untuk mengaktifasi dan mengapresiasi produk ekonomi kreatif lokal," kata Sandi, Minggu (18/9/2022).


Sandi mengaku di Pekanbaru antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap produk lokal. Bahkan Sandi berencana membawa produk-produk lokal lebih maju sesuai apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

"Di Pekanbaru ini kami melihat puncaknya antusiasme masyarakat. Produk-produk yang sudah terakurasi akan kita bawa ke tingkatan yang lebih tinggi dalam upaya menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas sesuai arahan bapak Presiden Jokowi dan juga 30 juta UMKM yang masuk ekosistem ekonomi digital," kata Sandi.

Kenaikan harga BBM, diakui sandi menjadi pukulan tersendiri bagi pelaku UMKM saat ini. Untuk itulah diperkukan ada pelatihan, permodalan dan dukungan dari pemerintah lewat ekonomi kreatif.

"Kami melihat tantangan ekonomi ini sangat berat ya, pertama dengan kenaikan BBM ini UMKM terpukul. Baru saja melewati pandemi, oleh karena itu saya harus hadir dengan bantuan pelatihan, pemasaran dan juga permodalan," katanya.

Tak hanya sampai disitu, ia berharap para pelaku UMKM nantinya bisa membantu dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mengingat, pada tahun 2023 diprediksi akan terjadi resesi dunia.

"Harapannya mereka bisa melalui masa sulit ini. Di 2023 diprediksi akan terjadi resesi dunia, teman-teman harus bisa menyikapi karena Indonesia ekonominya masih bisa tumbuh karena kekuatan UMKM," kata Sandi.



Simak Video "Sandiaga Cukur Gundul: Nggak Ada Lagi Rambut Putih yang Mukanya Berkerut"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/bpa)