Dua Danau di Humbang Hasundutan yang Harus Anda Ketahui

Tim detikSumut - detikSumut
Minggu, 10 Jul 2022 06:29 WIB
Tao Silosung di Desa Silaban, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan. Dokumen Dinas Pariwisata dan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Humbang Hasundutan.
Foto: Tao Silosung di Desa Silaban, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan. Dokumen Dinas Pariwisata dan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Humbang Hasundutan.
Doloksanggul -

Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) merupakan salah satu kabupaten yang ikut memiliki Kawasan Geopark Kaldera Toba (GKT). Kabupaten ini memiliki sejumlah objek wisata yang menyuguhkan Danau Toba sebagai panoramanya.

Diantaranya kawasan objek wisata Sipinsur di Paranginang, Desa Wisata Tipang di Kecamatan Baktiraja dan Situs Sisingamangaraja di Desa Bakkara dan Marbun di Kecamatan Baktiraja.

Nah selain Danau Toba yang dikelilingi 6 kabupaten dan 1 kabupaten resapan, Humbahas memiliki dua Danau yang terletak di Kecamatan Lintong Ni Huta. Memang tidak seluas Danau Toba, namun Danau ini tempat kunjungan alternatif bagi wisatawan lokal.


Danau dalam bahasa batak disebut tao ini memiliki keunikan, selain merupakan wadah air tawar, dua danau ini tempat berkembangnya sejumlah habitat ikan air tawar seperti ikan lele, ikan mujahir, ikan mas dan ikan gabus. Namun sebelum anda berkunjung, anda harus mengetahui dahulu lokasi dan legenda dibalik danau tersebut.

Legenda yang diyakini warga, dua danau ini tercipta karena konflik dua saudara kandung. Baca selanjutnya...



Simak Video "Pulau Samosir, Pesona Pemandangan Indah di Tengah Danau Toba, Sumatera Utara"
[Gambas:Video 20detik]