7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Medan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikSumut
Selasa, 31 Mei 2022 11:54 WIB
Ilustrasi Medan -- Tugu titik nol Kota Medan (Haris Fadhil/detikcom)
Foto: Ilustrasi Medan -- Tugu titik nol Kota Medan (Haris Fadhil/detikcom)
Medan -

Kota Medan adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Sebagai kota besar, Medan tentunya memiliki banyak lokasi wisata.

Tempat wisata di Medan ada yang merupakan peninggalan sejarah, dan ada juga yang baru saja dibuka. Nah, bagi kamu traveler yang ingin berkunjung ke Medan, berikut tujuh rekomendasi tempat wisata untuk kamu. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota.

1. Masjid Raya Medan


Masjid Raya Al-Mashun terletak di Jalan Sisingamangaraja, Medan. Masjid ini merupakan sejarah peradaban Kesultanan Melayu Deli di Kota Medan.

Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1906 dan selesai tahun 1909. Masjid ini menghabiskan 1 juta gulden dalam proses pembuatannya. Selain datang untuk salat, ada juga pengunjung yang sengaja datang hanya sekedar berfoto.

Untuk menjangkau lokasi ini tidak sulit karena berada di pusat kota. Jika dari titik nol kota Medan di Lapangan Merdeka, menuju tempat ini bisa dengan menaiki Bus Rapid Transit (BRT) atau teman bus di halte Jalan Stasiun Kereta Api. Nanti bisa turun di Jalan Sisingamangaraja persis di depan Yuki Simpang Raya dan Masjid Raya Al Mahsun. Naik BRT sampai hari ini masih gratis cukup dengan membawa kartu e-toll.

Masjid Raya Al-Mashun MedanMasjid Raya Al-Mashun Medan Foto: Datuk Haris Molana-detikcom

2. Istana Maimun

Istana Maimun berada di Jalan Brigjend Katamso Medan. Lokasi istana tidak jauh dari lokasi Masjid Raya Al-Mashun.

Istana ini juga merupakan peninggalan sejarah Kesultanan Melayu Deli. Pengunjung yang datang kemari biasanya untuk berfoto menggunakan baju adat Melayu yang bisa disewa di lokasi istana.

Untuk masuk ke dalam istana dikenakan biaya Rp 10 ribu untuk setiap orangnya. Sementara untuk menyewa baju, harganya bervariasi mulai dari Rp 50 ribu.

Karena lokasinya yang dekat dengan Masjid Raya Al-Mahsun, maka untuk menuju lokasi ini hampir sama seperti ke Masjid Raya. Hanya tinggal dengan berjalan kaki sekitar 5 menit bisa ke Istana Maimun dari Masjid Raya Al-Mahsun.

Istana Maimun jadi salah satu ikon Kota MedanIstana Maimun jadi salah satu ikon Kota Medan Foto: detik

3. Kota Tua Medan

Salah satu tempat yang banyak didatangi adalah wilayah Kota Tua di Kesawan Medan. Wilayah ini berada tidak jauh dari Lapangan Merdeka, Medan.

Di lokasi ini banyak gedung-gedung peninggalan zaman Belanda yang cocok dijadikan spot foto. Kesawan ini sempat dijadikan lokasi pelaksanaan program The Kitchen Of Asian oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Lokasi ini juga mudah dijangkau karena letaknya tidak jauh dari titik nol Kota Medan. Cukup dengan berjalan kaki dari Lapangan Merdeka Medan sekitar 5 menit akan bisa mengunjungi kawasan kota tua.

4. Rahmat Internasional Museum

Rahmat Internasional Museum berada di Jalan S Parman Medan. Museum ini dibangun oleh Rahmat Shah, mantan Anggota DPD RI mewakili Sumut.

Di museum ini, tersimpan koleksi hewan yang diawetkan. Untuk masuk ke lokasi ini dikenakan biaya sekitar Rp 50 ribu.

Traveler yang ingin mengunjungi tempat wisata ini jika dari titik nol Kota Medan, butuh sedikit waktu. Banyak alternatif kendaraan yang bisa digunakan seperti ojek online atau taksi online. Cukup dengan memasukkan nama Rahmat Internasional Museum di aplikasi transportasi online, Anda akan tiba di sana. Jarak tempuh dari titik nol Kota Medan hanya berkisar 15 sampai 20 menit tergantung kondisi lalu lintas di jalan.

5. Kantor Wali Kota Medan

Kantor Wali Kota Medan kini dijadikan sebagai lokasi wisata. Yang ingin berwisata bisa datang ke lokasi ini, namun hanya pada akhir pekan.

Di bagian depan kantor Wali Kota Medan ini sekarang dijadikan lokasi penampilan kebudayaan. Ini merupakan program Wali Kota Medan bernama Beranda Kreatif Medan. Akses menuju Balai Kota Medan ini pun cukup mudah jika dari titik nol. Cukup berjalan ke arah jalan Kapten Maulana Lubis sekitar 5 menit, Anda akan tiba di sana. Apabila naik kendaraan, maka akan memakan waktu lebih lama karena harus memutar akibat pemberlakuan satu jalur.

Kegiatan beranda kreatif di Balai Kota MedanKegiatan beranda kreatif di Balai Kota Medan Foto: Istimewa

6. Museum Negeri Medan

Tempat wisata selanjutnya adalah Museum Negeri Medan. Lokasi museum ini berada di Jalan HM Jhoni Medan. Di dalam lokasi museum ini tersimpan sejumlah peninggalan sejarah, khususnya dari Provinsi Sumut. Harga tiket masuk ke museum ini sekitar Rp 8.000.

Museum ini bisa dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi. Lokasinya juga tidak jauh dari Masjid Raya atau Istana Maimun. Jika naik kendaraan atau transportasi online jarak tempuh dari Istana Maimun atau Masjid Raya hanya sekitar 10 menit.

7. Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie merupakan peninggalan saudagar kenamaan Tjong A Fie yang hidup sekitar tahun 1860. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Ahmad Yani. Arsitektur rumah ini bergaya Tionghoa, Melayu dan Eropa. Di dalam rumah, pengunjung akan melihat barang-barang peninggalan dari Tjong A Fie.Untuk masuk ke lokasi ini dikenakan biaya sekitar Rp 35 ribu.

Akses menuju rumah Tjong A Fie juga tidaklah sulit. Tempat ini berada di satu area dengan Kota Tua Medan. Jika mengunjungi kota tua maka akan mudah menemukan tempat bersejarah ini.



Simak Video "Hati-hati! Ada Komplotan Penipu Wanita di Aplikasi Kencan, Motor Dibawa Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/astj)