Relawan Ganjar di Sumut Gelar Pelatihan Budidaya Maggot

Relawan Ganjar di Sumut Gelar Pelatihan Budidaya Maggot

Sukma Nur Fitriana - detikSumut
Senin, 17 Okt 2022 18:20 WIB
Relawan Ganjar di Sumut Gelar Pelatihan Budidaya Maggot
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Orang Muda Ganjar (OMG) menggelar kegiatan pengenalan dan pelatihan budidaya maggot (Larva Black Soldier Fly) di Desa Lau Pengulu, Kecamatan Marding-Ding, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Minggu (16/10). Kegiatan tersebut digelar bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Lau Pengulu.

Kordinator Wilayah OMG Sumatera Utara Yosua Kristopel mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa membatu pemuda dan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan mengelola sampah rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, yaitu unggas ataupun pakan ikan.

"Kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengatasi masalah pakan ternak. Maggot menjadi solusinya karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yang sangat dibutuhkan hewan ternak, seperti ayam, bebek dan ikan-ikan," ujar Yosua dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).


Lebih lanjut, ia menuturkan jika budidaya maggot terus dikembangkan oleh semua warga Desa Lau Pengulu, maka warga berkontribusi untuk mengurangi sampah organik dan menjadi solusi dalam mengatasi biaya pakan ternak yang cukup tinggi.

"Di Desa Lau Pengulu, mayoritas masyarakat yang mengandalkan ternak dalam menopang perekonomiannya. Untuk itu, OMG Sumut berupaya hadir untuk memberikan solusi bagi masyarakat untuk mengatasi biaya pakan ternak yang cukup tinggi," imbuhnya.

Yosua menambahkan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini dan mengajak keterlibatan aktif anak muda atau sekelompok karang taruna untuk membangun daerahnya. Ia juga berharap kegiatan ini bisa mengkonsolidasikan program 'Jogo Ternak' Ganjar Pranowo yang dinilai erat dengan kegiatan yang pelatihan yang dilakukan.

"Kami mengajak anak muda atau kelompok karang taruna di Desa Lau untuk melakukan hubungan kerja sama ke depannya dalam membangun tempat pembudidayaan maggot tentunya," jelas Yosua.

"Semoga ini jadi langkah tepat dalam memuluskan sosialisasi Pak Ganjar kepada warga masyarakat di sini, terlebih kegiatan ini beririsan dengan programnya Pak Ganjar. Otomatis warga di sini setidaknya ikut merasakan program Pak Ganjar melalui kontribusi relawan OMG," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Lau Pengulu Sanjaya Siregar merespon positif kolaborasi yang dilakukan oleh OMG Sumut. Ia mengaku akan mendukung penuh kegiatan positif yang dilakukan oleh OMG Sumut kedepan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Warga desa menuai respon positif. Melalui karang taruna, kami mendukung penuh langkah OMG dalam memberikan edukasi masyarakat. Kedepannya, kami berharap OMG terus melakukan hal serupa agar semua masyarakat terbantu dalam hal kesejahteraanya," ujar Sanjaya.

Selain itu, Sanjaya juga mendukung gerakan OMG dalam mengkonsolidasikan 'Ganjar Pranowo Untuk Presiden 2024'. Sanjaya merasa Ganjar merupakan figur pemimpin yang tepat bagi bangsa Indonesia.

"Saya dan warga Desa Lau Pengulu sebetulnya sudah banyak mengikuti kiprah beliau. Pak Ganjar sebagai sosok yang datang dari rakyat kecil dan peduli terhadap masyarakat di kawasan pedesaan jadi alternatif pemimpin Indonesia. Dengan adanya OMG ini, saya harap bisa memuluskan langkah Pak Ganjar untuk jadi Presiden 2024," tutupnya.

(akd/ega)