Riau

5 Tempat Makan Durian di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Raja Adil Siregar - detikSumut
Jumat, 05 Agu 2022 20:15 WIB
Buah durian yang dijual di Pekanbaru (Raja/detikSumut)
Buah durian yang dijual di Pekanbaru (Raja/detikSumut)
Pekanbaru -

Pulau Sumatera menjadi salah satu penghasil durian di Indonesia. Namun tahukah kamu di mana tempat menikmati buah berduri tersebut harus nunggu musim panen durian?

Riau sebagai salah satu penghasil durian di Indonesia memang terkenal dengan durian dengan manis legitnya. Saat masuk musim panen, Kota Pekanbaru pasti akan dibanjiri durian.

Di Pekanbaru, memang tak ada kelompok tani khusus durian. Namun di daerah yang jadi penyangga, durian sudah jadi andalan petani sejak dahulu.


Daerah-daerah penghasil durian tersebar di Bumi Lancang Kuning seperti dari Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan hinhga Kuantan Singingi. Dari kelima daerah itu, durian bisa membanjiri pasaran saat musim panen.

Penjual durian di PekanbaruPenjual durian di Pekanbaru Foto: Raja Adil Siregar

"Riau kalau daerah penghasil durian itu dari pesisir seperti dari Bengkalis, Siak, Kampar, Kuansing dan Pelalawan. Kelima daerah itu pasti banjir durian kalau lagi musim," ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinis Riau, Roni Rakhmat, Jumat (5/8/2022).

Durian dari kelima daerah dinilai memiliki ciri khas masing-masing. Sebut saja untuk durian Bengkalis yang khas dengan durian tembaga, durian itu dikenal manis legit dan berbeda dari daerah lain seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

"Kalau kita biasa saat musim durian ada Festival Kendurian di Bengkalis. Itu saat musim panen, tapi kalau tak musim juga banyak lokasi makan durian yang masih bisa dinikmati," katanya.

Berikut adalah 5 lokasi makan durian yang wajib detikers kunjung jika datang ke Pekanbaru:

1. Pondok Durian Jalan Jenderal Sudirman (tepat di depan Hotel Pangeran)
2. Pondok Durian di Jalan Arifin Achmad (seberang Jalan Paus)
3. Lapak Durian di Jalan Imam Munandar (sebelum simpang Bukit Barisan)
4. Lapak Durian di Jalan Soekarno-Hatta (simpang Arifin Achmad)
5. Warung Durian Runtuh di Jalan Jenderal Sudirman (simpang 3 Bandara SSK II)



Simak Video "Durian Khas Riau yang Manis dan Legit, Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/astj)