Nikmatnya Nostalgia Kuliner Tempo Dulu di Cafe Rumah Pohon

Kartika Sari - detikSumut
Minggu, 24 Jul 2022 20:08 WIB
Proses penyajian makanan di Cafe Rumah Pohon. Kartika Sari/detikSumut
Foto: Proses penyajian makanan di Cafe Rumah Pohon. Kartika Sari/detikSumut
Medan -

Kota Medan saat ini memiliki banyak cafe-cafe yang jadi pilihan hangout bersama teman-teman. Biasanya cafe di kota Medan saat ini menawarkan konsep modern dengan sasaran kepada kaum milenial.

Berbeda dengan cafe modern saat ini, ternyata ada cafe dengan konsep keluarga yang menarik untuk dikunjungi yaitu Cafe Rumah Pohon.

Terletak di Jalan Sei Belutu No.114 Medan, Cafe Rumah Pohon memberikan pengalaman kulineran dengan suasana asri yang menyatu dengan alam.


Nah, daripada penasaran, yuk simak empat keseruan yang bisa didapatkan di Cafe Rumah Pohon:

Suasa Cafe Rumah PohonSuasa Cafe Rumah Pohon Foto: Kartika Sari/detikSumut

1. Punya Cafe di Rumah Pohon

Cafe Rumah Pohon memberikan kesan sejuk saat sudah memasuki pelataran. Tampak terlihat cafe yang dikelilingi oleh pepohonan dan juga berdinding kayu coklat yang menambah kesan asri.

Consultant Marketing Rumah Pohon Andy mengungkapkan bahwa Cafe Rumah Pohon ini dulunya adalah sebuah rumah pohon untuk bermain anak dari pemilik cafe.

Elisa selaku owner Cafe Rumah Pohon ini akhirnya merombaknya menjadi sebuah tempat makan namun tidak menghilangkan konsep awalnya.

"Cafe Rumah Pohon ini dulunya rumah pohon tempat bermain anak pemilik cafe ini, pak Pane yang dulunya PD Pasar. Walaupun sudah berubah jadi cafe, tapi gak mengubah konsep bahwa ini sebuah rumah pohon," ungkap Andy.

Para pengunjung dapat melihat langsung sebuah pohon berdiri kokoh di tengah Cafe Rumah Pohon Ini. Pohon ini dirawat dengan baik agar dapat terjaga dengan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Pernak pernik antik koleksi Cafe Rumah PohonPernak pernik antik koleksi Cafe Rumah Pohon Foto: Kartika Sari/detikSumut

2. Banyak Pernak-pernik Antik

Cafe Rumah Pohon akan mengingatkan kembali pada zaman dahulu yang masih menggunakan peralatan masak yang berusia puluhan tahun lalu bahkan sebelum zaman kemerdekaan.

Bagi pengunjung yang datang dapat melihat aneka koleksi rantang tempo dulu, setrika arang, bahkan piring-piring jadul yang ternyata punya nilai estetik yang terletak di dalam rumah pohon. Bahkan, tak jarang banyak para ibu-ibu yang berfoto sambil bernostalgia dengan benda-benda antik ini.

Selain itu, tampak piring-piring kaleng antik juga ikut menghiasi dinding rumah pohon yang juga menjadi spot favorit untuk berfoto.

"Sebagian barang-barang ini ada juga yang dibawa dari pulau Jawa," ujar Andi.

Nah, detikkers bisa ikut nostalgia nih jika berkunjung ke Cafe Rumah Pohon Medan.

Aneka kuliner tradisional di Cafe Rumah PohonAneka kuliner tradisional di Cafe Rumah Pohon Foto: Kartika Sari/detikSumut

3. Aneka Kuliner Tradisional

Erat dengan konsep tempo dulu, Cafe Rumah Pohon jadi pilihan tepat untuk wisata kuliner tempo dulu yang dikemas dengan konsep modern.

"Makanan yang ada di Cafe Rumah Pohon ini murni traditional food. Ada menu arsik, tuk-tuk yang menyediakan setiap hari dengan konsep cafe hanya ada di Cafe Rumah Pohon ini," tutur Andi.

Bagi pengunjung dapat mencicipi aneka menu rumahan khas tempo dulu seperti daun ubi tumbuk, aneka arsik, menu resep Naniura yang cocok jadi santapan kuliner keluarga.

Menariknya, Cafe Rumah Pohon juga punya konsep kuliner seru yaitu Warung Tunjuk Rumah Pohon. Andy bercerita bahwa Warung Tunjuk ini menggunakan sistem tunjuk langsung dari pembeli seperti konsep warteg.

"Kita mempersilahkan tamu untuk menunjuk sendiri menu makanannya," tuturnya.

Nah, aneka menu di Warung Tunjuk ini menyediakan aneka menu rumahan seperti jengkol, urap, aneka ikan dan ayam yang ditambah dengan khas Sambal Cobek Bakar.

"Warung Tunjuk ini bagian Cafe Rumah Pohon. Jadi andalannya ada Sambal Cobek Bakar yang di Cafe Rumah Pohon itu tidak ada. Inikan asli bawa dari Bandung yang kita modif dari rasa khas Medan yang lebih pedas," jelas Andy.

Pengunjung berfoto dengan latar rumah pohon di Cafe Rumah PohonPengunjung berfoto dengan latar rumah pohon di Cafe Rumah Pohon Foto: Kartika Sari/detikSumut

4. Jadi Tempat Kumpul Keluarga dan Pesta

Menawarkan suasana asri dan unik, Cafe Rumah Pohon sering dijadikan tempat para pengunjung untuk reuni, meeting, gathering, hingga pesta.

Bahkan Cafe Rumah Pohon juga menjadi pilihan para ibu-ibu untuk mengadakan arisan. Andy bercerita bahwa dengan konsep antik mampu menggaet pasar para ibu-ibu yang juga nantinya diharapkan dapat mengajak keluarganya ke Cafe Rumah Pohon.

Nah, detikkers yang ingin mengadakan acara ke Cafe Rumah Pohon ini juga bisa, terlebih jika ingin mendapatkan kesan dan momen unik sambil kulineran khas daerah.



Simak Video "Kopi Kenangan, Si 'Raja Kopi' Asia"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)