Jangan Dibuang, Kulit Pisang Ternyata Bisa Dibikin Manisan Enak Lho!

Perdana Ramadhan - detikSumut
Minggu, 24 Jul 2022 11:00 WIB
Manisan dengan bahan dasar kulit pisang (foto: istimewa)
Manisan dengan bahan dasar kulit pisang (foto: istimewa)
Asahan -

Buah pisang memang menjadi makanan rakyat dan favorit banyak orang di Indonesia. Sebab banyak makanan yang bisa diolah dari buah yang dikenal memiliki banyak vitamin A, C dan B6 ini.

Setelah diolah jadi makanan yang enak, biasanya kulit pisang akan menjadi limbah dan dibuang percuma begitu saja. Namun ternyata jarang orang mengetahui bahwa kulit pisang rupanya bisa dijadikan bahan baku untuk membuat manisan.

Hal itu telah dibuktikan oleh seorang ibu rumah tangga di Dusun XI, Desa Suka Damai Barat, Kecamatan Pulau Bandring, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) bernama Vina Alfira Rambe (39) yang berhasil mengolah kulit pisang untuk dibuat manisan bahkan dijual sebagai cemilan dan bernilai ekonomis.


Manisan dari bahan dasar kulit pisang (foto: istimewa)Manisan dari bahan dasar kulit pisang (foto: istimewa)

Rasanya manisan kulit pisang buatan Vina ini tentu saja manis-asam, sedikit berserat, kenyal namun lembut ketika digigit. Bahan baku utama untuk membuatnya kulit pisang kapok dan gula putih. Dapat pula dikolaborasikan dengan varian rasa lain seberti lemon.

Untuk proses pembuatannya, Vina mencuci kulit pisang terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian diparut, setelah itu direbus lalu dijemur beberapa hari hingga kering.

Setelah kulit pisang kering dijemur lalu dimasak dengan cara disangrai (digoreng tanpa minyak). Kemudian dia mencampurkan gula putih dengan air lalu direbus. Setelah itu manisan kulit pisang akan didiamkan beberapa saat dengan rebusan air gula tadi. Proses pembuatannya kurang lebih selama satu harian.

Asal Mula Muncul Ide Buat Manisan dari Kulit Pisang. Baca Halaman Berikutnya:



Simak Video "Pasutri di Asahan Bersaing di Pilkades Gegara Tak Ada Lawan"
[Gambas:Video 20detik]