KPK Soal Zulhas Disebut Titip Keponakan ke Unila: Nanti Didalami JPU

Nasional

KPK Soal Zulhas Disebut Titip Keponakan ke Unila: Nanti Didalami JPU

Tim detikNews - detikSumut
Kamis, 01 Des 2022 11:59 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melepas ekspor ikan sarden produk dalam negeri ke Australia senilai US$ 902.000 atau Rp 14,1 miliar (kurs Rp 15.700).
Mendag Zulkifli Hasan (Foto: Dok. Kemendag)
Medan -

Rektor Universitas Lampung (Unila) nonaktif Prof Karomani dalam sidang menyebut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai salah satu yang menitip mahasiswa baru untuk masuk ke kampus Unila. Karomani menyebut Zulhas menitip keponakannya.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata irit bicara saat ditanyai persoalan itu. Dia mengatakan informasi tersebut bakal didalami oleh penyidik dan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Biar nanti penyidik dan JPU yang mendalami," kata Alex dilansir dari detikNews, Kamis (1/12/2022).


Sebelumnya diberitakan, Prof Karomani menyebut Zulkifli Hasan turut menitipkan keponakannya untuk masuk Unila melalui jalur mandiri. Rektor Unila nonaktif itu menyebut Zulhas juga memberikan 'infak' untuk memuluskan keponakannya itu masuk Unila.

Karomani mengakui adanya nama Zulhas saat JPU KPK menunjukkan satu buku catatan yang berisi nama-nama orang yang menitipkan mahasiswa di Universitas Lampung.

"Ini ada nama Zulkifli yang menitipkan mahasiswa bernama Zaky Algifari, siapa Zulkifli ini," tanya JPU KPK ke Karomani saat persidangan di PN Tanjung Karang, Rabu (30/11).

Saat itu Karomani bersaksi untuk terdakwa Andi Desfiandi. "Iya itu Pak Menteri Zulkifli Hasan," jawab Karomani.

Kemudian, Karomani menjabarkan dari mana asal penitipan mahasiswa yang merupakan keponakan dari Menteri Zulkifli Hasan.

"Nama itu merupakan titipan dari Ary Meizari, dia menitipkan dua mahasiswa yang di mana satu keponakannya Pak Menteri dan satu keponakannya Andi atas nama Zalfa Aditia Putra," ujar Karomani.

Zulkifli Hasan (Zulhas) pun membantah kesaksian Rektor Unila Prof Karomani, yang juga terdakwa perkara korupsi, soal menitipkan keponakan di kampusnya tersebut.

"Saya tidak punya ponakan yang daftar ke Unila," kata Zulhas ketika dikonfirmasi.
Zulhas menegaskan dirinya tidak pernah memberikan sogokan apa pun ke Unila. Dia mengaku tidak mengenal Karomani.

"Apalagi kasih uang, juga tidak kenal dengan Prof Karomani," ujarnya.



Simak Video "Mendag Sidak Pasar di Sumedang: Harga Terlalu Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)