Seludupkan Pakaian Bekas Dari Malaysia, 6 Orang Ditangkap di Sergai

Seludupkan Pakaian Bekas Dari Malaysia, 6 Orang Ditangkap di Sergai

Goklas Wisely - detikSumut
Jumat, 04 Nov 2022 05:04 WIB
6 orang penyelundup pakaian bekas dari Malaysia ditangkap
Foto: 6 orang penyelundup pakaian bekas dari Malaysia ditangkap (Goklas/detiKSumut)
Medan -

Petugas dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Utara menangkap enam orang yang menyeludupkan pakaian bekas. Ada 499 ballpress yang diamankan.

Kabid Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, Achmad Fatoni mengatakan keenam tersangka berinisial, B,SM, SR, NS, R, dan MF.

"Para tersangka ini membawanya menggunakan satu unit kapal motor yakni Kapal KM Cahaya Baru GT. 34 No:1125/Ppe di Perairan Pulau Berhala, Serdang Berdagai," sebut Fatoni, Kamis (3/10/2022).


Dia menjelaskan baju bekas itu berasal dari Port Klang Malaysia dengan tujuan Kabupaten Batu Bara pada 23 Oktober 2022 sekitar pukul 22.15 WIB.

Fatoni mengungkapkan keenam tersangka diduga dari Asahan dan saling mengenal satu sama lain. Di antara enam tersangka ada satu nahkoda.

Ia pun menanyakan beberapa hal kepada nahkoda tersebut. Nahkoda itu mengungkapkan sudah dua kali membawa pakaian bekas itu dengan besaran yang serupa.

"Saya dapat Rp 5 juta. Kalau yang lain Rp 3 juta," sebut nahkoda itu.

Dia mengatakan hal itu dilakukannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Nahkoda ini mengungkapkan pihak yang menyuruhnya bernama Kondot.

Bahkan Kondot ini pula yang memberikan akses kepadanya kapan harus datang dan pergi melewati perairan. Demikian, Fatoni mengucapkan akan menyelidiki pernyataan nahkoda tersebut.

"Terkait hal itu, akan kita selidiki dan dalam lagi bersama beberapa pihak terkait lainnya," ujarnya.



Simak Video "TNI AL Gagalkan Penyelundupan 45 Kg Sabu di Perairan Lhokseumawe"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)