Hakim PN Medan Vonis Bebas Terdakwa Pembunuhan-Pencurian

Hakim PN Medan Vonis Bebas Terdakwa Pembunuhan-Pencurian

Farid Achyadi Siregar - detikSumut
Senin, 03 Okt 2022 23:58 WIB
Palu Hakim
Ilustrasi palu hakim (Rachman Haryanto/detikcom)
Medan -

Terdakwa kasus pembunuhan dan pencurian di Belawan, Muskazar divonis bebas oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Medan. Padahal jaksa menuntut Muskazar dengan pidana 20 tahun penjara.

"Membebaskan terdakwa Muskazar, dan menyatakan terdakwa Muskazar tidak terbukti bersalah dan memutus bebas terdakwa dari seluruh tuntutan," kata ketua majelis Khamozaro Waruwu saat membacakan vonis di PN Medan, Senin (3/10/2022).

Dalam nota putusannya, majelis hakim menilai perbuatan warga Serdang Berdagai ini tidak terbukti bersalah melanggar Pasal 340 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana Subs Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana Subs Pasal 365 Ayat (4) KUHPidana sebagaimana dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum.


Sementara itu terdakwa lainnya yakni Jefry rekan dari Muskazar yang juga didakwa ikut atas pembunuhan tersebut hanya divonis hakim dengan pidana penjara 14 Tahun.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Jefry alias konyak dengan pidana penjara selama 14 tahun," terang majelis hakim Khamozaro Waruwu.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana 20 tahun penjara atas perbuatannya.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Jefry alias konyak dengan pidana penjara 20 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan," sesuai tuntutan JPU.

Jaksa Ajukan Banding dan Kasasi Atas Vonis Hakim

Kepala Seksi Intelijen Kejari Belawan, Oppon Siregar mengatakan pihaknya akan melakukan upaya hukum terkait putusan yang diberikan majelis hakim terhadap kedua terdakwa.

"Kita ajukan upaya hukum, untuk terdakwa Muskazar alias Kajar kita mengajukan upaya hukum Kasasi. Sementara untuk terdakwa Jefry alias Konyak kita mengajukan banding. Sebab, sebelumnya kita menuntut kedua terdakwa dengan masing-masing 20 tahun penjara," kata Oppon kepada wartawan.


Duduk Perkara Kasus yang Menjerat Jefry dan Muskazar. Selengkapnya Ada di Halaman Berikutnya...



Simak Video "Sakit Hati Dibilang Pengangguran, Pria di Medan Tusuk Keponakan"
[Gambas:Video 20detik]