Bengkulu

Petugas Kebersihan SPBU di Bengkulu Ditangkap karena Timbun Solar Subsidi

Hery Supandi - detikSumut
Kamis, 29 Sep 2022 16:27 WIB
Barang bukti solar subsidi yang disita petugas.
Barang bukti solar subsidi yang disita petugas. (Foto: Istimewa)
Bengkulu -

Polisi menangkap seorang petugas kebersihan di salah satu SPBU di Bengkulu Utara. Pria bernama Alfa Radeson (40) itu ditangkap karena kedapatan menimbun solar subsidi atau Bio Solar.

"Tersangka bekerja sebagai cleaning service yang bekerja sama dengan petugas SPBU lainnya melakukan pengisian BBM jenis Bio Solar ke dalam jeriken pada malam hari kemudian dikumpulkan di rumahnya", kata Tipidter Ditreskrimsus Polda Bengkulu AKBP Florentus Situngkir , Kamis (29/09/2022).

Dia menyebutkan, pelaku berkomplot dengan petugas SPBU yang lain untuk memudahkannya menimbun BBM. Tersangka memanipulasi Surat Rekomendasi Pembelian BBM Tertentu yang ditandatangani oleh kepala desa setempat dengan kebutuhan sebanyak 500 liter per bulan.


Surat itu kemudian dijadikan sebagai dasar untuk melakukan pengisian BBM jenis Bio Solar di SPBU Lais, Bengkulu Utara tempat ia bekerja.

"Tersangka ini juga melakukan pengisian langsung ke dalam tangki kendaraan secara berulang-ulang dengan menggubah pelat nomor kendaraan yang diinput melalui sistem," jelas Florentus.

Florentus mengungkapkan, Radeson mendapatkan berbagai nomor kendaraan itu dengan cara membuat tangkapan layar foto kendaraan yang ada di situs jual beli online.

Saat ini, Radeson dan beberapa rekannya masih ditahan di kantor polisi. Dia terancam hukuman enam tahun penjara karena aktivitas ilegalnya itu.



Simak Video "Gudang Penimbun BBM Subsidi di Lampung Digerebek, Solar 10 Ton Disita"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)