Pulang Melayat, Pria di Tanjungbalai Dipergoki Larikan Motor

Perdana Ramadhan - detikSumut
Minggu, 25 Sep 2022 20:45 WIB
Tersangka saat diamankan di Polisi usai gagal mencuri sepeda motor milik pelayat. Dokumen Polres Tanjungbalai
Tersangka saat diamankan di Polisi usai gagal mencuri sepeda motor milik pelayat. Dokumen Polres Tanjungbalai
Tanjungbalai -

Berbulan bulan menjadi pengangguran dan sama sekali tak memiliki penghasilan membuat seorang pria di Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut) bernama Arif Rahman Siregar (39) menjadi gelap mata. Sepulang melayat dari rumah tetangga, ia melihat satu kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan pencurian dalam rangka mendapatkan uang dalam tempo seketika.

"Tersangka melakukan pencurian sepeda motor setelah melihat puluhan kenderaan terparkir tanpa penjagaan pemiliknya usai ia pulang dari melayat," kata Kapolres Tanjungbalai, AKBP Ahmad Yusuf Afandi, dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (25/9/2022).

Arif Rahman melihat puluhan sepeda motor berjejeran terparkir tak beraturan tanpa penjagaan tidak jauh dari rumah tetangganya yang ditimpa kemalangan itu. Kesempatan tersebut diambilnya untuk melakukan tindak kejahatan.


Kejadian tersebut, terjadi pada hari Sabtu tanggal 24 September 2022 siang kemarin. Setelah sadar melihat kesempatan melakukan pencurian, pelaku Arif Rahman pun pulang mengambil peralatan berupa obeng dan gunting, lalu kembali lagi ke parkiran sepeda motor tersebut.

Ia kemudian mengamati satu persatu motor yang akan dicurinya. Pandangannya kemudian tertuju kepada sebuah motor Yamaha Jupiter warna merah hitam dengan nomor polisi BK 5239 QAT yang terparkir dalam keadaan kunci tak dicabut milik korban bernama Zulkifli.

"Melihat situasi di sekitar tempat parkir tidak ada orang dan melihat sepeda motor Yamaha Jupiter ada kunci tergantung di tali gas kemudian diambil tersangka dan memasukkannya ke dalam kunci kontak sepeda motor, lalu diengkol namun tidak bisa hidup," terangnya kembali.

Karena mesin sepeda motor tidak bisa hidup maka tersangka mendorong motor keluar dari tempat parkir. Sekitar seratus meter kemudian, ia meminta bantuan pengendara lain yang kebetulan melintas untuk mendorongnya. Namun sial, saat itu juga dia berpapasan dengan orang yang mengenali sepeda motor tersebut.

"Orang mengenali sepeda motor tersebut merupakan kemanakan korban. Karena disebutnya ini sepeda motor uwaknya (paman) pelaku lari dan ditangkap warga karena diteriaki maling," kata Kapolres.

Polisi yang mengetahui pria tersebut diamankan oleh warga kemudian melakukan pengamanan. Kini pelaku Arif Rahman masih berada di kantor Polisi untuk penyelidikan dan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya.



Simak Video "Viral Motor Diduga Hasil Curian Ditemukan di Pohon Bambu di Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)