Riau

Pria Asal Nias Bunuh Paman karena Nikahi Kakak Kandung

Raja Adil Siregar - detikSumut
Senin, 15 Agu 2022 20:30 WIB
Polres Kuantan Singingi mengekspos kasus keponakan bunuh paman.
Polres Kuantan Singingi mengekspos kasus keponakan bunuh paman. (Foto: Istimewa)
Kuantan Singingi -

Pembunuhan sadis menimpa pria di Kuantan Singingi, Riau M (52). Pria asal Nias itu tewas ditikam keponakannya sendiri, Sudirman Harefa (31).

Kapolres Kuantan Singingi, AKBP Rendra Oktha mengatakan insiden pembunuhan terjadi pada Selasa (9/8) dini hari lalu. Aksi terjadi setelah pelaku tiba dari Rokan Hulu, Riau.

"Pembunuhan terjadi di Desa Lubuk Kebun, Logas Tanah Darat pada 9 Agustus lalu. Dimana pelaku ini baru tiba dari Rokan Hulu," kata Kapolres, Senin (15/8/2022).


Sudirman tiba setelah diminta datang oleh kakak kandungnya, Humairoh. Humairoh tidak lain adalah istri korban yang dinikahi tanpa persetujuan keluarga karena adanya hubungan kekerabatan.

"Kenapa pelaku ini disuruh datang, karena korban dan istrinya ini nikah secara incest dan tidak diakui adat. Namun istri korban ini kan rindu dengan keluarga, tetapi tidak boleh komunikasi sama korban," katanya.

Merasa kesal, Humairoh minta adiknya ke rumah tanpa sepengetahuan suami. Saat tiba, pelaku merencanakan pembunuhan.

"Pelaku waktu tiba ini tak ada jumpa sama korban. Jadi sembunyi di kebun sawit, lalu malam-malam masuk dengan mengendap-endap dan melakukan pembunuhan," kata Kapolres.

Setelah korban tewas, pelaku kabur dan bersembunyi di daerah Kepenuhan Hulu, Rokan Hulu. Pelaku akhirnya ditangkap pada Sabtu (13/8) dini hari oleh jajaran Satreskrim dipimpin AKP Linter Sihaloho.

"Dendam pelaku ini dikarenakan korban membawa lari kakak pelaku berinisial H dari kampung untuk dijadikan istri," kata Linter.

Akibat perbuatan korban yang melarikan dan menikahi ponakan sendiri membuat keluarga pelaku dikampung menjadi malu. Pelaku pun kini dijerat Pasal 340 KUHP.

''1x24 jam sudah kita ketahui pelakunya di kasus itu. Tetapi untuk pelaku utama satu minggu kita kejar dan kita jerat pasal 340 KUHP dengan ancaman 20 tahun penjara,'' kata Linter.



Simak Video "Penikaman Berantai di Kanada, 10 Orang Tewas Ditusuk 2 Pelaku"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)