Sumatera Selatan

Ini Peran 3 warga Tulung Selapan Pembobol Rekening Bank

Prima Syahbana - detikSumut
Jumat, 12 Agu 2022 05:15 WIB
Konpers 3 sindikat bobol rekening Bank dihadirkan di Polda Sumsel. (Foto. Prima Syahbana)
Foto: Konpers 3 sindikat bobol rekening Bank dihadirkan di Polda Sumsel. Foto. Prima Syahbana/detikSumut
Medan -

Polisi telah menangkap tiga sindikat bobol rekening Bank asal Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan yang menggasak uang korban Rp 250 juta. Begini oeran ketiga pelaku beraksi rugikan warga Jawa Barat (Jabarl tersebut.

"Mereka ini kan komolotan, peran mereka berbeda-beda saat melakukan aksi tersebut," ungkap Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes M Anwar Reksowidjojo di Palembang, Kamis (11/8/2022)

Ketiga pelaku tersebut yakni, Dwiki (21), Ripers (29) dan Aldo (23). Mereka merupakan warga Desa Ujung Tanjung, Tulung Selapan, OKI.


Menurut Anwar, untuk pelaku Dwiki perannya yakni berpura-pura mengaku sebagai operator Bank. Dia betugas menghubungi korban dengan bujuk rayunya. "DW ini perannya sebagai operator yang menghubungi korban," katanya.

Sementara, Ripers ia pemilik rekening penampung yang mengeksekusi uang korban. "RP ini sebagai pelaku transaksi ke korban, dia juga pemilik rekening penampung awal," katanya.

Dan untuk Aldo, dalam aksinya dia yang mengecek oesan WhatsApp yang sebelumnya telah dikirimkan secara acak apakah direspon korban. "Aldo sebagai petugas yang mengecek WhatsApp masuk," ujarnya.

Atas penangkapan ketiga pelaku, polisi juha telah menyita sejumlah alat bukti, diantaranya uang tunai Rp 40 juta, 8 unit ponsel, 13 sim card dan 51 kartu sim yang masih dalam kemasan.

"Saat ini kita sedang memburu 3 Pelaku lagi yang sudah jado DPO yaitu, RV, AJ dan SN. Sementara ketiga pelaku dikenakan Pasal 378 dan Pasal 372 KHUP serta UU ITE," jelasnya.

Sebelumnya, 3 sindikat bobol rekening Bank, asal Tulung Selapan, OKI, Sumsel ditangkap Polisi. Korban mengalami kerugian Rp 250 juta akibat kejadian itu.

"Hita ini kita menyampaikan bahwak kita menangkap ketiga pelaku atas kasus tersebut," kata Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes M Anwar Reksowidjojo di Polda Sumsel, Kamis (11/8/2022)

Adapun identitas ketiga pelaku, Dwiki (21), Ripers (29) dan Aldo (23). Ketiga pelaku merupakan warga Desa Ujung Tanjung, Tulung Selapan, OKI.

Menurut polisi Kejadian itu dialami korban bernama Darmawan, ketika berada Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, pada Rabu (6/7/2022) lalu sekitar pukul 12.48 WIB.

"Laporan awalnya dari Polda Jabar ya, kita dari Polda Sumsel diminta membantu," katanya.

Dari laporan tersebut, polisi pun melakukan penyelidikan. Katika mengendus keberadaan pelaku Tim dari Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel dipimpin Kasubdit Kompol Agus Prihadinika dan Kanit 5 AKP M Ikang Ade langsung bergerak memburu pelaku.

Para pelaku pun akhirnya ditangkap di kediamannya masing-masing tanpa perlawanan kemarin malam, Rabu (10/8) malam sekitar puku 21.00 WIB. Saat diperiksa para pelaku mengakui perbuatannya.



Simak Video "Detik-detik Penangkapan 'Begal Rekening' di Sumsel oleh Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)