Bengkulu

Janjikan Lolos CPNS, ASN Dinkes Kaur Tipu Warga Rp 250 Juta

Hery Supandi - detikSumut
Sabtu, 04 Jun 2022 15:09 WIB
Ilustrasi Tes CPNS
Ilustrasi tes CPNS. (Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban)
Bengkulu -

Seorang oknum ASN di Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur, Bengkulu ditangkap polisi karena kasus penipuan. ASN berinsial MAP itu menipu seorang warga Bengkulu Selatan dengan menjanjikan korban akan diloloskan pada seleksi CPNS, dengan syarat korban menyetor uang sebesar Rp 250 juta.

Kasat Reskrim Polres Bengkulu Selatan, Iptu Fajri Ameli Putra Chaniago mengatakan modus yang digunakan pelaku adalah menjanjikan korban untuk diangkat menjadi PNS dengan syarat sejumlah uang.

"Tersangka MAP juga meminta uang sebesar Rp 250 juta sebagai syarat untuk kelulusan dan diangkat menjadi PNS," kata Fajri , Sabtu (4/6/2022).


Korban kemudian menyerahkan seluruh berkas dan syarat yang dibutuhkan untuk seleksi CPNS. Korban juga tanpa ragu menyerahkan uang Rp 250 juga sebagaimana yang diminta MAP. Transaksi itu dilakukan di rumah MAP di Jalan Trip Kastalani, Kelurahan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna, Bengkulu Selatan.

"Tersangka MAP menjanjikan kepada korban bisa lulus dan diangkat menjadi PNS Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2019, dan berjanji akan mengembalikan uang secara utuh kepada korban apabila tidak diangkat," jelas Fajri.

Namun ternyata setelah korban mengikuti seleksi CPNS, korban tidak lulus dan tidak diangkat menjadi CPNS. MAP juga tidak mengembalikan uang korban seperti kesepakatan semula.

Karena merasa ditipu, korban kemudian melapor ke polisi. Petugas kemudian mulai melalukan penyelidikan pada awal April 2022 kemudian menangkap MAP.

Sejumlah saksi juga sudah diperiksa dan polisi menetapkan MAP sebagai tersangka. Dia dikenakan dengan pasal 378 KUHP atau pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan.



Simak Video "Positif Covid-19, Olivia Nathania Tak Bisa Pindah Rutan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)