Aceh

Polisi Buru Eksekutor dan Otak Pelaku Penembakan 2 Warga Aceh Besar

Agus Setyadi - detikSumut
Senin, 30 Mei 2022 13:03 WIB
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy (ANTARA/M Haris SA)
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy (Foto: ANTARA/M Haris SA)
Banda Aceh -

Lima terduga pelaku penembakan yang menewaskan dua warga Desa Aneuk Gle, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar berhasil ditangkap. Polisi juga masih memburu eksekutor dan otak pelaku dalam kasus itu.

"Kita sudah kantongi identitas eksekutor, kemudian mungkin otak pelakunya," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

Winardy mengatakan, pihaknya masih melakukan pengejaran pelaku yang bertugas sebagai eksekutor dan otak pelaku. "Tim sekarang masih di lapangan, mudah-mudahan segera bisa kita tangkap," jelas Winardy.


Poliisi juga belum bisa memastikan kedua korban ditembak jarak dekat atau jauh. Kedua korban disebut sempat dihadang pelaku sesaat sebelum ditembak.

"Nanti kita akan melakukan rekonstruksi setelah kita dapat eksekutornya, yang pasti nanti setelah rekonstruksi bisa kita jelas dari jarak berapa mereka menembak dan sebagainya," jelas Winardy.

"Terhadap pelaku yang sudah tertangkap ini kita sedang mendalami pemeriksaan supaya kasus ini terang benderang, Siapa eksekutor dan siapa di belakangnya," lanjut Winardy.

Menurutnya, pelaku diduga membunuh korban karena dendam. Namun polisi belum dapat memastikan dendam yang terjadi antara pelaku dengan korban.

"Motif dugaan sementara adalah dendam masalah pribadi antara pelaku dengan korban," ujarnya.

Dia menyebut, pelaku penembakan tersebut tidak terafiliasi dengan kelompok tertentu.

"Ini murni kriminal biasa dan kita sedang dalami motif dendam pribadi. Dendam ini sedang kita telusuri dendam seperti apa antara korban dgn pelaku," jelas Winardy.

Dalam kasus tersebut, polisi menangkap lima orang terduga pelaku yang punya peran berbeda. Mereka adalah TM yang merupakan perencana dan penyuplai logistik, DW pemberi informasi dan penyuplai logistik.

Selain itu, NZ, ZD dan MY yang bertugas sebagai pendamping eksekutor dan memantau korban di lokasi kejadian. Winardy menyebut, kelima tersangka ditangkap pada waktu dan lokasi berbeda di Aceh Besar.

Sebelumnya, dua warga Desa Aneuk Gle, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Aceh tewas ditembak orang tak dikenal. Kedua korban meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit.

"Keduanya ditembak tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB," kata Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam saat dimintai konfirmasi detikSumut, Jumat (13/5/2022).

Kedua korban adalah Ridwan dan Maimun. Carlie mengatakan, satu korban terkena tembak di bagian perut tembus ke kaki kiri, sedangkan satu orang lagi tertembak di kaki kiri.

Menurut Carlie, korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh usai kejadian. Namun dalam perawatan keduanya meninggal dunia dinihari tadi.

"Korban pulang dari ladang naik sepeda motor berdua, sepertinya ditembak lagi jalan," ujarnya.



Simak Video "Ribuan Warga Antar Jenazah 2 Pria Palestina yang Dibunuh Tentara Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/dpw)