Bobby: Etnis Melayu-Karo Kental dengan Sejarah Terbentuknya Medan

Bobby: Etnis Melayu-Karo Kental dengan Sejarah Terbentuknya Medan

Farid Achyadi Siregar - detikSumut
Selasa, 07 Feb 2023 23:00 WIB
Bobby Nasution dalam acara Dialog Kebudayaan di Hari Pers Nasional (HPN) 2023
Foto: Bobby Nasution dalam acara Dialog Kebudayaan di Hari Pers Nasional (HPN) 2023 ( Farid/detikSumut)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan Kota Medan adalah tempat pertemuan berbagai suku yang ada di Sumatera Utara. Namun, Melayu dan Karo kental dengan sejarah terbentuknya Medan.

"Kota Medan poin pertemuan segala etnis dan kebudayaan yang ada di Sumatra Utara. Namun, etnis Melayu dan etnis Karo kental akan terbentuknya Kota Medan," kata Bobby Nasution dalam acara Dialog Kebudayaan rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Selasa (7/2/2023).

Pertemuan dari segala etnis di Sumut itulah, kata Bobby, menjadi cikal bakal dari kota Medan. Tapi, Bobby melanjutkan, seluruh etnis yang ada di Sumut dimana kota Medan menjadi titik pertemuan ini juga menjadi cikal bakal Kota Medan.

Bobby juga bercerita kepada seluruh peserta bahwa kota Medan tidak seperti kota lainnya di Indonesia yang mempunyai kain khas asli dari kota-nya.

"Kami juga tidak punya kain yang khas, seperti batik yang khas yang asli dari Kota Medan. Namun, Kota Medan merupakan pertemuan dari segala etnis dan kebudayaan di Sumut," ucapnya.

Menantu dari Presiden Jokowi itu juga menyampaikan, bahwa pemerintah Kota Medan akan terus mendukung dan membantu para UMKM untuk memasarkan barangnya. Namun, Bobby mengatakan, permasalahan dalam pemasaran hasil kerajinan pada stok yang langka.

"Kalau berbicara market, saya rasa bukan dicari atau dibentuk, tapi marketnya sudah ada, tinggal bagaimana berikutnya adalah kita bisa memastikan produksinya.
Ini terkadang suplainya kurang atau langka atau sulit didapat dan harganya mahal. Kalau bisa kita turunkan harganya," ucapnya.



Simak Video "Raffi Ahmad Dimarahi Bobby Nasution Gegara Medan Zoo"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT