Aceh

Sejarah Radio Rimba Raya, Pengabar ke Dunia Bahwa Indonesia Masih Ada

Agus Setyadi - detikSumut
Selasa, 16 Agu 2022 20:30 WIB
Tugu Radio Rimba Raya.
Tugu Radio Rimba Raya. (Foto: Dok. Pemkab Bener Meriah)
Banda Aceh -

Radio Rimba Raya berperan penting dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan pada masa agresi militer Belanda ke-II. Radio ini yang mengabarkan ke dunia bahwa Indonesia masih ada, lengkap dengan pemerintahannya.

Lokasi Radio Rimba Raya terletak di Kampung Rimba Raya, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Tempat ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata di dataran tinggi Gayo.

Di lokasi tersebut, dibangun tugu menjulang tinggi. Tugu Perjuangan Radio Rimba Raya ini diresmikan Menteri Koperasi/Kepala Badan Logistik, Bustanil Arifin pada 27 Oktober 1987.


Pada salah satu bagian bawah tugu terdapat tulisan yang menjelaskan peran Radio Rimba Raya pada masa perjuangan. Tulisan itu dimulai dengan kalimat 'saat itu sangat kritis...'.

Isi tulisan lengkap itu adalah:

saat itu sangat kritis.............
Pada tanggal 19 Desember 1948, Ibukota Negara Republik Indonesia Yogyakarta, dikuasai Belanda. Radio Republik Indonesia yang mengumandangkan suara Indonesia Merdeka ke seluruh dunia, tiada lagi mengudara. Radio Belanda Hilversum, secara lantang menyiarkan bahwa Republik Indonesia sudah hancur. Sebagian dunia mempercayai berita itu.

Pada saat demikian gentingnya suasana, tanggal 20 Desember 1948 malam, RRR (Radio Rimba Raya) mengudara menembus angkasa memberitakan bahwa Republik Indonesia yang berdasarkan PANCASILA masih ada dan Revolusi 1945 masih tetap menyala.

Tanggal 19 Desember 1948, Gubernur Militer Aceh, Langkat, dan Tanah Karo, dalam sidang Dewan Pertahanan Daerah, antara lain memutuskan, tanggal 20 Desember 1948 pemancar radio yang kemudian dinamakan Radio Rimba Raya harus telah mengudara.

Tanah Aceh, DAERAH MODAL REPUBLIK INDONESIA, dalam menghadapi segala peristiwa yang terjadi, mempersiapkan diri mendatangkan sebuah pemancar yang kuat dari luar negeri.

Di Ronga-Ronga inilah, akhirnya setelah mengalami proses perjalanan panjang Radio Rimba Raya bermukim, dan tanggal 20 Desember 1948 secara berkala mulai mengudara.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Deretan Tahun Paling Mengerikan dalam Sejarah Manusia"
[Gambas:Video 20detik]