Bandara SSK II Pekanbaru Buka Kembali Penerbangan ke Kuala Lumpur

Riau

Bandara SSK II Pekanbaru Buka Kembali Penerbangan ke Kuala Lumpur

Raja Adil Siregar - detikSumut
Senin, 03 Okt 2022 10:55 WIB
Prosesi water salute saat pesawat AirAsia dari Kuala Lumpur mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.
Prosesi water salute saat pesawat AirAsia dari Kuala Lumpur mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. (Foto: Istimewa)
Pekanbaru -

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru membuka kembali rute penerbangan internasional tujuan Kuala Lumpur. Rute kembali dibuka seiring dioperasikannya kembali penerbangan langsung dari Pekanbaru-Kuala Lumpur oleh maskapai AirAsia hari ini.

EGM Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan mengatakan bahwa Penerbangan Internasional AirAsia AK-427 ini mendarat di Pekanbaru dari Kuala Lumpur pukul 07.25 WIB. Pesawat membawa sebanyak 135 penumpang.

"Pendaratan hari ini disambut langsung prosesi water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru. Ada 135 penumpang," kata Hendra, Senin (3/10/2022).


Selanjutnya penumpang yang datang juga disambut dengan pemberian souvenir dari pihak maskapai. Termasuk pemberian cenderamata oleh EGM Bandara SSK II M Hendra Irawan kepada crew AirAsia yang resmi mendarat.

"Selain menambah pilihan penerbangan bagi masyarakat yang akan berpergian ke Kuala Lumpur, PT Angkasa Pura II juga berharap penerbangan tersebut akan menjadi bagian dari percepatan pemulihan konektivitas jalur udara antara Indonesia dan Malaysia secara umum dan antara Pekanbaru dan Kuala Lumpur secara khusus dalam rangka mendukung pertumbuhan pariwisata khususnya peningkatan wisatawan mancanegara asal Malaysia," kata Hendra.

Setelah mendarat di Pekanbaru, pesawat Air Asia tersebut berangkat kembali ke Kuala Lumpur dengan membawa 138 penumpang. Pesawat dengan nomor penerbangan penerbangan AK-426 pada pukul 08.00 WIB.

Dalam catatan, Bandara SSK II sudah 2,6 tahun tidak membuka penerbangan internasional reguler. Penerbangan internasional reguler terakhir adalah 20 Maret 2020.

Pesawat terakhir itu adalah Scoot Tiger TR 252. Pesawat berangkat dari Pekanbaru ke Singapura pada 20 Maret 2020.

Setelah 2,5 tahun mati suri, penerbangan internasional kembali dibuka perdana 12 September lalu. Hal itu ditandai dengan mendaratnya pesawat Batik Air Malaysia membawa 46 penumpang dari Melaka.



Simak Video "Dramatis! Proses Evakuasi Anak Gajah dari Galian di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)