PLN Batalkan Program Kompor Listrik, Warga Medan: Keputusan Tepat

PLN Batalkan Program Kompor Listrik, Warga Medan: Keputusan Tepat

Kartika Sari - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 23:57 WIB
Ilustrasi kompor listrik dan panci
Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario
Medan -

PLN resmi membatalkan program kompor listrik. Sebelumnya program ini dibuat sebagai pengalihan dari kompor LPG 3 kg.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa pembatalan program kompor listrik dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

"PLN membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik. Langkah ini dilakukan guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19," ungkap Darmawan dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9/2022).


Menanggapi pengumuman tersebut, warga Medan memberikan berbagai tanggapan adanya pembatalan program kompor listrik ini.

"Alhamdulillah, memang masih terlalu cepat untuk beralih dari kompor gas ke kompor listrik ya, daripada rakyat yang ditumbalkan, mending dibatalkan sepenuhnya sih," ujar Siti, ibu rumah tangga asal Medan.

Tak hanya Siti, Agus yang juga menyetujui keputusan PLN yang dinilai mendengar keluh kesah masyarakat.

"Baguslah orang-orang udah pintar. Kalau pakai kompor listrik, pasti bayar listriknya membengkak dan gimana kalau yang jualan, masa harus pakai kompor listrik juga. Intinya berpikir luas bukan hanya mementingkan salah satu pihak saja, keputusan PLN saya sangat setuju, tepat keputusan PLN ini," tutur Setiadi.

Sementara itu, beberapa pihak cukup menyayangkan adanya pembatalan penggunaan kompor listrik ini. Bahkan, para pengguna kompor listrik menyebutkan jika ada berbagai keuntungan yang didapatkan.

"Cobain dulu makanya pakai kompor listrik ini, udah setahunan saya pakai di rumah. Lebih praktis, lebih gampang bersihkan ya dan gak bakal ada sisa makanan yang nyempil bahkan hemat listrik juga sih, tapi ya itu kan keputusan PLN ya," kata Risa.

Selain pembatalan program kompor listrik, Darmawan mengatakan jika pihaknya memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik. Hal ini dilakukan untuk menjaga peningkatan daya beli masyarakat.

"PLN juga memastikan tarif listrik tidak naik. Penetapan tarif listrik ini telah diputuskan Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Ini untuk menjaga peningkatan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi," pungkasnya.



Simak Video "Konversi Elpiji 3 Kg ke Kompor Listrik Tak Dilakukan Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)