Sumatera Barat

Penerbangan Padang-Kuala Lumpur Dibuka Lagi Mulai 1 Oktober

Jeka Kampai - detikSumut
Senin, 26 Sep 2022 13:29 WIB
Bandara Internasional Minangkabau
Bandara Internasional Minangkabau. (Foto: Istimewa)
Padang -

Rute penerbangan Bandara Internasional Minangkabau menuju Kuala Lumpur, Malaysia dipastikan beroperasi kembali mulai 1 Oktober 2022 mendatang, setelah terhenti lama akibat pandemi COVID-19. Kepastian itu disampaikan Siswanto, Executive General Manager PT Angkasa Pura II KC Bandara Internasional Minangkabau.

"Bandara Internasional Minangkabau kembali membuka jalur penerbangan Internasional dari Kualalumpur Malaysia ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman mulai 1 Oktober 2022, dengan Maskapai Air Asia," kata Siswanto, Senin (26/9/2022).

Pihak Air Asia sudah menyampaikan jadwal resmi penerbangan dengan frekuensi penerbangan sebanyak 2 kali per minggu, yakni setiap Selasa dan Sabtu.

"Hari Sabtu tanggal 24 September 2022 pihak Air Asia sudah menyampaikan jadwal resmi penerbangan BIM-KL per bulan Oktober 2022 dengan frekwensi penerbangan sebanyak 2 x per minggu," kata dia.

Airasia dari Kuala Lumpur ke Padang (KUL-PDG) dan Padang-Kualalumpur (PDG-KUL) akan menggunakan pesawat tipe Airbus A320 dengan nomor penerbangan AK-403 (KUL-PDG) dan AK-402 (PDG-KUL). Untuk penerbangan dari Kualalumpur, Airasia terbang pukul 07.40-07.50 LT, sedangkan dari BIM ke Kuala Lumpur pukul 08.30-09.40 LT .

Dibukanya kembali rute ini diharapkan akan mendorong gairah ekonomi dan pariwisata Sumatera Barat. Seperti yang kita ketahui, sebelum Pandemi Covid-19 rute KL-BIM merupakan satu satunya pintu penerbangan Internasional ke BIM.

Sebelum pandemi, rute ini dilayani Air Asia setiap hari, dengan 2 kali penerbangan setiap harinya, dengan tingkat keterisiam seat oesawat udara mencapai 80 persen.

Kabar tentang dimulainya kembali rute Padang-Kuala Lumpur juga pernah disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke daerah itu akhir pekan lalu.

"Untuk penerbangan sedang kita siapkan. Suratnya sudah kami terima, kami sudah berproses dengan maskapai Air Asia, Malindo. Kita harapkan dalam waktu singkat (sudah bisa dimulai lagi)," kata Sandiaga kepada wartawan usai meresmikan Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center di Padang, Jumat (16/9/2022).


Pembuikaan kembali rute penerbangan tersebut akan meningkatkan arus kunjungan ke Sumatera Barat dan menggairahkan sektor pariwisata. Sebelum pandemi COVID-19, Sumbar kerap menjadi destinasi pariwisata syariah bagi masyarakat negeri jiran Malaysia.

Selain itu, Sumbar juga disiapkan menjadi tuan rumah World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) pada 2023 mendatang, guna mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah itu. Pertemuan itu akanmengundang 8 kepala negara.

"Sejalan dengan penerbangan ini, Sumbar akan menjadi tuan rumah WIES 2023. Akan ada 8 kepala negara. Jadi, harus diperkuat interkoneksinya. BIM harus bisa menerima kunjungan secara spesifik dari enterprenuer dunia.," katanya.



Simak Video "Istri Najib Razak Divonis Bersalah Atas Kasus Korupsi!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)