Kinerja KPR BTN Moncer Lagi, Rumah Subsidi Paling Diminati

Kartika Sari - detikSumut
Selasa, 26 Jul 2022 15:15 WIB
Wakil Dirut BTN Nixon LP Napitupulu memaprakan kinerje BTN.
Wakil Dirut BTN Nixon LP Napitupulu memaprakan kinerja BTN. (Foto: Kartika Sari/detikSumut)
Medan -

Minat masyarakat terhadap Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi masih tinggi. Bahkan, dari 3,7 juta KPR yang sudah disalurkan BTN paling banyak adalah KPR subsidi.

"Pertumbuhan di KPR Masih cukup bagus, perumahan subsidi masih bintangnya. Dan untuk perumahan nonsubsidi berita bagusnya sudah di atas 5 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya yang masih berat," ungkap Wakil Dirut Bank BTN Nixon LP Napitupulu pada Rakernas Apersi di Medan, Selasa (26/7/2022).

Dikatakan Nixon, pencapaian KPR Subsidi tahun 2022 jauh lebih baik dibanding tahun 2020 lalu dengan kondisi sektor perumahan ikut terpuruk. Kinerja KPR BTN kembali moncer seiring membaiknya perekonomian di tanah air.


"Dan kalau kita lihat, pencapaian KPR Subsidi hampir bisa dibilang relatif mencapai target kecuali di tahun 2020 waktu pertama kali pandemi datang. Jadi setelah itu mulai bangkit dan mudah-mudahan capai target sesuai kuota yang disepakati," ujarnya.

Selain itu, Nixon juga mengatakan bahwa saat ini BTN juga mengeluarkan program KPR untuk milenial yang ingin memiliki rumah.

"Kami membuat KPR khusus milenial. BTN sendiri pegawai milenial 70 persen sudah milenial. Kami juga membuat tenor sampai 25 tahun bagi milenial yang ingin melakukan KPR," tutur Nixon.

Selain KPR, BTN juga menyebutkan bahwa pertumbuhan kredit per 30 Juni 2022 tumbuh hingga 7,6 persen. Namun, Nixon mengatakan beberapa daerah masih tumbuh negatif.

"Ini kalau dibanding sebelum COVID memang masih rendah, tapi setelah Covid ini sudah cukup tinggi. Dan ini juga masih beda-beda di seluruh Indonesia, masih ada yang negatif growth. Jadi beberapa daerah yang sensitif terhadap mobilitas manusia masih mengalami pertumbuhan negatif," ucapnya.



Simak Video "Terbukti Terima Suap, Eks Dirut BTN Divonis 3 Tahun Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)