Riau

Makin Pedas, Harga Cabai Merah di Pekanbaru Rp 120 Ribu/Kg Hari Ini

Raja Adil Siregar - detikSumut
Senin, 27 Jun 2022 09:30 WIB
Aktivitas pedagang di Pasar Jalan Cipta Karya Pekanbaru
Aktivitas pedagang di Pasar Jalan Cipta Karya Pekanbaru (Raja Adil/detikSumut)
Pekanbaru -

Harga sejumlah komoditi di Pekanbaru, Riau, mengalami kenaikan drastis sejak beberapa pekan terakhir. Bahkan untuk cabai merah saat ini harga menyentuh Rp 120 ribu per kilogram (kg).

Pantauan detikSumut di sejumlah pasar di Pekanbaru, Senin (27/6/2022) tercatat harga bahan pokok mulai naik. Kenaikan terjadi pada cabai, tomat, bawang, ikan laut, telur dan sayur-sayuran.

Khusus cabai merah mengalami kenaikan dari Rp 50-60 ribu per kg menjadi Rp 110-120 ribu per kg. Sementara tomat yang biasa Rp 10 ribu per kg saat ini menjadi Rp 18 ribu per kg.


"Harga semua naik, terutama untuk cabai merah Rp 120-130 ribu per kg sekarang. Ini harga tertinggi," kata seorang pedagang di Pasar Tradisional Cipta Karya, Irma Harefa.

Akibat tingginya harga cabai, masyarakat mulai mengurangi konsumsi cabai merah. Pedagang pun terpaksa mengurangi stok agar cabai tidak busuk.

"Pembeli cabai merah kurang. Biasa orang beli rata-rata 1 kg, sekarang belinya cuma setengah Kg. Makanya kami kurangi stok juga karena pembeli menurun," kata Irma.

Selain cabai merah, cabai hijau juga naik. Cabai hijau yang biasa Rp 30-40 ribu per kg naik menjadi Rp 70-80 ribu per kg.

"Kalau cabai merah jawa Rp 110 (per kg), kalau dari Bukit Tinggi sama Medan Rp 120 (per kg). Ini sudah naik semua mulai minggu kemarin," imbuh pedagang Pasar Cik Puan, Ifah.

Kenaikan juga terjadi untuk sayur-sayuran. Sayur bayam misalnya, dari biasa untuk 3 ikat Rp 5 ribu menjadi 7 ribu.

Sementara barang merah naik sekitar dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 60 ribu per kg. Namun di Pasar Cik Puan tidak semua komoditi naik.

"Bawang merah setelah lebaran masih Rp 36 ribu per kg sekarang Rp 60 ribu per kg. Naik semua, tapi kalau untuk daging dan telur sudah mulai turun," kata wanita paruh baya tersebut.



Simak Video "Warga di Pekanbaru Cekcok Gegara Gangguan Suara Toa Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/afb)