Kantor Camat Nongsa Batam Terendam Banjir, Warga Kesulitan Urus Dokumen

Kepulauan Riau

Kantor Camat Nongsa Batam Terendam Banjir, Warga Kesulitan Urus Dokumen

Alamudin Hamapu - detikSumut
Rabu, 25 Jan 2023 13:55 WIB
Kantor Camat Nongsa Batam terendam banjir (Alamudin Hamapu/detikSumut)
Kantor Camat Nongsa Batam terendam banjir (Alamudin Hamapu/detikSumut)
Batam -

Hujan yang mengguyur Kota Batam, Kepulauan Riau tiga hari terakhir menyebabkan kantor Camat Nongsa terendam banjir. Kondisi itu membuat masyarakat kesulitan mengurus dokumen administrasi kependudukan.

Warga Kelurahan Kabil, Julianto mengatakan akses jalan menuju kantor Camat Nongsa terendam air. "Tadi rencana mau urus surat tapi tak bisa lewat. Mau jalan kaki airnya cukup tinggi," katanya, Rabu (25/1/2023).

Julianto mengatakan banjir menggenangi jalan masuk Kantor Camat Nongsa telah dua hari. Dirinya juga telah dua hari bolak balik untuk melakukan pengurusan dokumen.


"Sudah dua hari sebenarnya ke sini, tapi banjir nggak surut jadi agak sulit mau urus dokumen. Mudah-mudahan cepat surut biar gampang urus dokumen. Karena lagi butuh cepat," ujarnya.

Camat Nongsa, Arfandi mengatakan meski jalan menuju kantor camat terendam banjir, pelayanan masih berjalan seperti biasa. Untuk mempermudah masyarakat pihaknya menyiagakan Satpol PP guna membantu warga yang mengurus dokumen.

"Masyarakat yang mengurus dokumen saat sekarang ini. Kita siagakan Satpol PP di jalan masuk untuk membantu warga yang kesulitan menuju kantor camat. Warga bisa berkomunikasi dengan petugas tersebut," ujarnya.

Arfandi menyebutkan bahwa masyarakat yang hendak mengurus dokumen di kantor camat bisa juga melalui kantor lurah yang ada di Nongsa. Masyarakat bisa menitipkan dokumen ke kantor lurah setempat.

"Salah satunya antisipasi agar pengurusan dokumen bisa terus berlangsung bisa menitipkan dokumen ke kasi pelayanan di kantor lurah setempat. Karena kondisi cuaca saat ini tidak memungkinkan," ujarnya.

"Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada kendala. Dari pagi tadi sudah ada beberapa warga yang datang mengurus dokumen sekitar 5 orang dan tidak ada kendala. Kita berharap cuaca cepat cerah," tambahnya.

Untuk antisipasi kejadian serupa, Camat Nongsa akan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan SDA kota Batam untuk normalisasi drainase.

"Kita koordinasi dengan Dinas Bina Marga & SDA Kota Batam, untuk normalisasi drainase dan kolam yang ada di sekitar area Kantor Kecamatan Nongsa. Mudah-mudahan secepatnya agar tidak ada lagi terendam akibat banjir," ujarnya.



Simak Video "Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Langkah Antisipasi BNPB"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)