Polisi Selidiki Ledakan Tambang Batu Bara di Sawahlunto

ADVERTISEMENT

Sumatera Barat

Polisi Selidiki Ledakan Tambang Batu Bara di Sawahlunto

Jeka Kampai - detikSumut
Sabtu, 10 Des 2022 18:34 WIB
Kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Ferlyanto Pratama Marasin (Jeka Kampai/detiksumut)
Kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Ferlyanto Pratama Marasin (Jeka Kampai/detiksumut)
Sawahlunto -

Polisi masih menyelidiki kasus ledakan yang terjadi di lubang tambang batu bara milik perusahaan PT NAL di Sawahlunto Sumatera Barat. Sejumlah saksi akan dimintai keterangan untuk mengetahui sebab-sebab munculnya percikan api yang memicu ledakan.

Kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Ferlyanto Pratama Marasin menyatakan, pihaknya menduga ledakan di lubang tambang terjadi karena adanya konsentrasi gas metan di dalam lubang tambang.

"Sementara karena ada konsentrasi gas yang tinggi. itu yang masih kami selidiki. Kita akan panggil dan periksa saksi-saksi setelah semua persoalan yang berkaitan dengan evakuasi dan penanganan korban selesai," kata Ferly kepada detikSumut, Sabtu (10/12/2022).

"Saat ini kami masih meminta dan berkoordinasi untuk memeriksa kepala teknik tambang," tambah Kasat Ferly.

Tambang meledak di lubang tambang milik PT NAL bukan pertama kali terjadi. Dalam catatan detikSumut, pada tahun 2016 lalu ledakan serupa pernah terjadi yang menyebabkan lima korban.

Menurut Ferly, pihaknya juga akan mendalami apakah ledakan yang terjadi kali ini sama dengan kasus ledakan yang pernah terjadi tahun 2016 lalu.

"Tahun 2016 lalu pernah ada ledakan juga. Tapi saya belum monitor kasusnya saat itu. Nanti akan kita pertanyakan dan dalami juga," jelas dia.

Ledakan sendiri terjadi di lubang tambang yang dikelola oleh PT Nusa Alam Lestrai (NAL) di kawasan Parambahan, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Jumat (9/12/2022).

Tim Basarnas sudah menemukan dan mengevakuasi seluruh korban. Secara total, korban tercatat 14 orang. 10 meninggal dunia dan 4 luka-luka. Setelah proses identifikasi, seluruh jenazah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.



Simak Video "Korban Ledakan Tambang di Sawahlunto: 9 Tewas, 4 Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(nkm/nkm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT