Warga Tiga Desa di Asahan Demo Tolak Pelantikan Kades

Warga Tiga Desa di Asahan Demo Tolak Pelantikan Kades

Perdana Ramadhan - detikSumut
Senin, 07 Nov 2022 21:30 WIB
Warga protes hasil Pilkades di tiga desa di Asahan.
Warga protes hasil Pilkades di tiga desa di Asahan. (Foto: Perdana Ramadhan/detikSumut)
Asahan -

Ratusan warga dari tiga desa di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) berunjukrasa di depan kantor Bupati menolak pelantikan kepala desa. Mereka menilai hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) dinilai masih adanya kecurangan.

Tiga warga desa ini berasal dari Desa Bagan Asahan, Sei Lunang dan Sei Paham.

"Untuk apa adanya Pilkades kalau hasil pemilihannya penuh dengan kecurangan. Kami tak mengakui adanya kepala desa ini, batalkan pelantikan," kata Khairul Sukri Harahap salah seorang orator masa aksi menyampaikan aspirasinya, Senin (7/11/2022).


Sebelumnya sebanyak 89 desa menggelar Pilkades serentak pada 7 September 2022 lalu. Tiga desa di antaranya yang melayangkan gugatan sengketa namun keputusan tim panitia sengketa tetap mengesahkan hasil perhitungan Pilkades.

Dalam tuntutannya massa meminta pelantikan kades yang proses pemilihannya bermasalah itu ditunda. Namun di tempat yang sama, proses pelantikan 89 kepala desa terpilih tersebut tetap dilanjutkan di Gedung Serbaguna Kisaran.

Di luar pagar kantor, masyarakat masih bersikeras untuk meminta bertemu dengan Bupati Asahan dikawal dengan aparat kepolisian. Aksi demonstrasi ini dilakukan warga juga bukan pertama kalinya dilakukan.

Sementara itu, Bupati Asahan pada Jumat (4/11) lalu sempat menemui perwakilan masyarakat mengatakan pihaknya tetap akan melakukan pelantikan kades terpilih sebab sudah melalui mekanisme dan tahapan yang ada.

"Saya memaklumi kekecewaan masyarakat. Namun panitia Pilkades sudah menyelesaikan seluruh tahapannnya sebaimana peraturan yang ada. Jika memang masih keberatan masih ada langkah melalui PTUN, silahkan ditempuh jalur tersebut," katanya.



Simak Video "Pasutri di Asahan Bersaing di Pilkades Gegara Tak Ada Lawan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)