Hujan 3 Hari Berturut-turut, 1 Kecamatan di Sumsel Dilanda Banjir

Sumatera Selatan

Hujan 3 Hari Berturut-turut, 1 Kecamatan di Sumsel Dilanda Banjir

Prima Syahbana - detikSumut
Kamis, 20 Okt 2022 16:11 WIB
Banjir di satu kecamatan di Musi Banyuasin, Sumsel.
Banjir di satu kecamatan di Musi Banyuasin, Sumsel. (Foto: Istimewa)
Musi Banyuasin -

Satu kecamatan di Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan terendam banjir dengan ketinggian air lebih dari satu meter. Banjir yang merendam 53 rumah di sana terjadi setelah kawasan itu dilanda hujan selama tiga hari.

"Banjir itu dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi melanda selama tiga hari berturut-turut," kata Camat Jirak Jaya, Kabupaten Muba, Yudi Suhendra dikonfirmasi detikSumut, Kamis (20/10/2022).

Menurutnya, akibat banjir tersebut semua kegiatan warga di kecamatan itu lumpuh total. Setidaknya, ada 53 rumah warga yang terendam banjir sepinggang orang dewasa usai diterjang hujan sejak Senin (17/10) lalu.


"Sekitar 53 rumah warga yang terendam banjir sedalam itu, kalau yang lainnya ada yang di kedalaman sekitar 1,4 meteran," kata Yudi.

Saat ini, katanya, pihaknya bersama unsur terkait seperti BPBD Kecamatan, TNI dan Polri juga warga setempat bahu membahu melakukan evakuasi. Katanya, ada sejumlah bantuan juga yang telah diberikan ke warga terdampak.

"Kita melakukan evakuasi turun langsung bersama BPBD, Polisi, TNI dan warga bersama-sama melakukan evakuasi tersebut. Sejumlah bantuan juga sudah kita sampaikan ke warga," ungkap Yudi.

"Tidak ada korban jiwa. Sekitar delapan KK yang mengungsi. Mereka mengungsi tempat keluarganya tak jauh dari sini," sambungnya.

Terkait kejadian ini, sambungnya, juga sudah disampaikan ke Pj Bupati Muba Apriyadi. Apriyadi, katanya, akan datang ke sana meninjau sekaligus memberikan bantuan.

"Upaya kita sudah berusaha membantu warga dengan memberikan bantuan dan menyiapkan peralatan medis. Pak Bupati juga katanya mau datang ke sini meninjau langsung dan memberi bantuan," jelas Yudi.

Saat ini, kedalaman banjir yang menggenangi rumah warga tersebut juga sudah mulai surut.

"Mudah-mudahan tidak hujan lagi berturut-turut seperti kemarin," tutupnya.



Simak Video "Nasib Pria Sumsel Tewas Dihakimi Massa Usai Kepergok Curi Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)